LANGKAT - Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH menghadiri seminar pendidikan dan pemaparan mahasiswa, Sabtu (2 /12/2023). Seminar ini mengangkat tema 'Ngobrol pintar era milenial' dihadiri ratusan pelajar dan mahasiswa se- Kabupaten Langkat.

Narasumber pada seminar ini yaitu Komisi X DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husin dan Inisator kampung beasiswa Sumatera Utara Agung Kurniawan, S.Sos, MM. 

Ketua panitia, Tata Putra mengajak semua pihak untuk melanjutkan kuliah baik S1, S2. Sebab banyak fasiltas beasiswa yang bisa dimanfaatkan untuk mengenyam ke jenjang S1, S2 bahkan S3. 

Sementara Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin Husin menjelaskan Langkat sudah menjadi kota pendidikan tahun 1890, disini sudah berdiri perguruan tinggi sudah menjadi pusat pendidikan di Indonesia jauh sebelum merdeka. 

"Saya ingin orang Langkat menjadi hebat hebat jalannya yaitu sekolah. Program beasiswa pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi sudah tersedia. 25 ribu kuota dari SD sampai perguruan tinggi beasiswa untuk kabupaten Langkat dan tiap tahun saya usulkan," ucapnya. 

Untuk S1 ada KIP mahasiswa untuk 8 semester uang kuliah ditanggung negara. Mereka juga mendapat uang saku tiap bulannya. Demikian juga untuk S2 maupun S3. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya. 

"Ayo, jadi jangan pikirin ekonomi orang tua, rubah pola pikir kalian bahwa kalian harus sukses kalian harus maju," ujarnya.

Sementara Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin, SH. mengaku  sangat bangga berdiri didepan mahasiswa dan pelajar karena ditangan kalian kedepannya akan ditentukan maju nya Kabupaten Langkat ini. 

"Kami membuat program 1 desa 5 sarjana dan di Langkat ada 270 Desa dan kelurahan. Ini kami persiapkan untuk meningkatkan sumber daya manusia kabupaten Langkat kedepannya bisa bersaing dalam dunia kerja. 

"Harapan saya sama sama kita benahi Langkat kalian adalah generasi harapan saya generasi penerus bangsa. Saya yakin kalian bisa maju bisa sukses dengan beasiswa yang kami sediakan," pungkasnya.