LANGKAT – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan fasilitas dan infrastruktur di Desa Besilam semakin baik. Ini akan mendukung terselenggaranya Haul Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan ke-100. Peringatan Haul Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan merupakan salah tradisi tahunan yang menarik banyak perhatian masyarakat. Setiap peringatan Haul Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan, Desa Besilam dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

“Karena itu, kita ingin masyarakat terfasilitasi, jalannya sudah bagus, sudah ada tempat parkir yang memadai, sudah rapi agar masyarakat nyaman beribadah dan memperingati Haul Tuan Guru,” kata Hassanudin, usai bersilaturahmi dengan Tuan Guru Babussalam Syekh Zikmal Fuad di Desa Besilam, Kabupaten Langkat, Jumat (1/12/2023).

Hassanudin berharap semakin banyak masyarakat yang ikut memperingati Haul Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan. Sehingga wisata religi di Desa Besilam bisa memberikan dampak lebih besar kepada masyarakat.

“Kita harap wisata religi semakin berkembang di Desa Besilam, semakin banyak orang yang berkunjung ke sini sehingga memberikan dampak besar secara ekonomi kepada masyarakat sekitar,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Tuan Guru Babussalam Syekh Zikmal Fuad mengatakan, masyarakat sudah mulai ramai datang ke Desa Besilam. Perbedaannya saat ini, infrastruktur jalan dan fasilitas pendukung sudah semakin baik.

“Jalannya sudah baik, sudah ada tempat parkir yang luas, Insya Allah, tidak menimbulkan kemacetan lagi sehingga pengunjung lebih merasa nyaman,” kata Syekh Zikmal Fuad.

Menurut keterangan Syekh Zikmal Fuad, pengunjung yang ikut memperingati Haul Tuan Guru Babussalam Abdul Wahab Rokan 80-90% berasal dari pesisir Sumatera dan Semenanjung Melayu. Masyarakat dari Riau salah satu yang cukup banyak menghadiri Haul Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan.

“Johor, Malaka, Riau, 80-90% dari daerah tersebut karena murid-murid Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan banyak dari daerah tersebut, mudah-mudahan tahun ini semakin banyak yang tertarik untuk datang ke Besilam,” kata Syekh Zikmal Fuad.

Hadir pada acara silaturahmi ini antara lain Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin dan Tuan Guru Syekh Ismail Royan. Hadir juga Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat M Ramdani Lubis, Kepala Biro Umum Dedi J Putra, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Moettaqien Hasrimi dan OPD terkait lainnya. *