TOBA - Pelaksanaan UKW angkatan 63 yang diselengarakan PWI Bona Pasogit bekerjasama dengan Pemkab Toba berjalan sukses. UKW digelar selama 2 hari Rabu dan Kamis (29/30 November 2023) dengan 10 materi Ujian dalam 2 kelas ujian di Hotel Purnama Balige.

Pelaksanaan UKW menghadirkan 2 tim penguji dari Dewan Pers. Dengan penguji untuk ruang, M Syahrir dan Dedi Saputra.

UKW yang digelar di Kabupaten Toba dalam upaya meningkatkan profesionalisme wartawan/i dalam upaya menjalankan tugas kejurnalistikan. Dewan Pers telah menetapkan standar kompetensi wartawan yang hendaknya harus diikuti para insan pers yang bertugas di berbagai media di Indonesia.

Penguji Dewan Pers, DR.Dedi Sahputra pada penutupan acara mengumumkan hasil UKW peserta UKW Muda yang diikuti 12 orang dari 2 Kabupaten (Kabupaten Toba dan Humbahas). Berdasarkan penilaian pengujian, hasilnya 10 peserta dinyatakan berkompeten dan 2 orang lainnya belum berkompeten.

Lebih lanjut disampaikan DR Dedi Sahputra, secara nasional hingga 30 November 2023 wartawan/i yang berkompeten di Indonesia berjumlah 18.173 orang.

"Dengan penambahan hasil UKW angkatan 63 tahun 2023 di Kbaupaten Toba 10 orang, jumlah wartawan/i yang berkompeten di NKRI menjadi 18.183 orang”. terangnya

Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara diwakili DKW PWI Provinsi Sumut M Syahrir mengapresiasi panitia pelaksana, yang telah sukses menggelar UKW angkatan 63 di Kabupaten Toba.

"Ini pertamakalinya digelar di Kabupaten Toba, Pak Sekda.luar biasa sekali PWI Bona Pasogit dapat mewujudkan ini," tuturnya.

Bupati Toba mengapresiasi kepada PWI Provinsi Sumatera Utara dan PWI Bona Pasogit yang telah menggelar UKW. Karena Uji kompetensi bagi wartawan adalah salah satu cara untuk memberikan standar dan mengukur profesionalisme seseorang dalam melakukan tugas jurnalistik.

Dalam kesempatan itu Augus juga mengharapkan kepada para wartawan/i yang telah mengikuti UKW ini, terus membangun Kabupaten Toba dengan karya jurnalistiknya agar informasi-informasi positif selalu tersampaikan kepada masyarakat.

“Terimakasih saya ucapkan kepada rekan-rekan PWI Provinsi Sumatera Utara dan PWI Bona Pasogit yang telah menginisiasi acara ini, semoga kedepan akan ada lagi UKW selanjutnya, sehingga semakin banyak para wartawan yang berkompeten, tentu saja hal ini akan lahir karya-karya jurnalistik yang hebat, yang profesional dan akan membawa nama Kabupaten Toba menjadi lebih baik” kata Augus Sitorus saat menutup pelaksanaan UKW, Kamis (30/11/2023). 

Turut hadir Bupati Kabupaten Toba diwakili Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Ketua PWI Bona Pasogit Alfonso Situmorang beserta rombongan.