INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, SE dikukuhkan sebagai bunda baca (bunda literasi) Kabupaten Indragiri Hulu periode 2023-2024, Kamis (30/11/2023). Pengukuhan dilakukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Dra. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM, di Gedung Dang Purnama Rengat. 

Mimi Yuliani Nazir mengucapkan selamat dan berharap peran berbagai pihak terutama pemerintah, akademisi dan semua pihak untuk dapat bahu-membahu mengatasi persoalan rendahnya minat budaya baca di Indonesia.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan launching perpustakaan digital Inhu dan spot baca digital.

Rezita Meylani yang dikukuhkan sebagai bunda literasi Kabupaten Inhu mengucapkan terimakasih atas kepercayaan amanat yang diberikan.

Ia berharap dukungan dari OPD terkait, pihak kecamatan maupun swasta atas berjalannya program kegiatan yang direncanakan ke depannya.

"Melalui pengukuhan ini menghadirkan semangat kepada kami, bunda baca Kabupaten Inhu dan bunda baca kecamatan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak kita tentang minat membaca di era digitalisasi gadget saat ini," harap Rezita. 

Apresiasi juga ia disampaikan kepada Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Inhu atas berhasilnya melaunching aplikasi perpustakaan digital iInhu dan spot baca digital.

Bupati Inhu juga berharap pojok baca dapat hadir di masing-masing desa maupun kelurahan se Kabupaten Indragiri Hulu sehingga mempermudah masyarakat menggali informasi yang bermanfaat.

Selain itu, ia juga berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Inhu serta OPD lainnya dapat menghadirkan inovasi-inovasi untuk kemajuan Kabupaten Inhu.

Sebelumnya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Inhu Venisa Dwipa Sari, S. Psi., M. Psi dalam laporannya menyampaikan akan hadir perpustakaan digital dan spot baca digital di lingkungan kantor Bupati Inhu dan di area wisata Danau Raja Rengat dan menyediakan bahan bacaan digital/ebook.

Cara penggunaan spot baca lanjutnya, sangat mudahdan tanpa donwload aplikasi dan tanpa daftar/login. Melainkan dengan cara buka aplikasi scanner QR seperti google lens pada ponsel, scan QR dan aktifkan GPS jika diminta.

"Silahkan nikmati konten yang disajikan dengan pengalaman yang berbeda," jelasnya.

Hadir pada kesempatan ini di antaranya unsur pimpinan Daerah dan Kepala OPD, ketua Organisasi Wanita se Kabupaten Inhu, pimpinan perguruan tinggi, kepala sekolah se Kabupaten Inhu, penulis dan pegiat literasi, Forum taman bacaan masyarakat, organisasi PGRI, dewan pendidikan dan dewan kesenian.