TAPUT - Putra Sipoholon, Roni Prima Panggabean menggelar turnamen sepak bola Solidaritas Cup U-13 memperebutkan piala Irma Hutabarat. Turnamen Solidaritas Cup U-13 memperebutkan piala Irma Hutabarat ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bermain sepak bola.

Irma Hutabarat yang merupakan Namboru (bibik) dari Almarhum Joshua/ Pembela Pembunuhan Berencana Joshua menyampaikan, sepak bola adalah olah raga yang paling disukai di Indonesia dan dunia. 

"Dalam olah raga ini, yang paling utama adalah team work atau kerja sama. Artinya, semua pemain harus bekerja sama dan bergotong-royong. Dari kecil harus dibina rasa team work atau solidaritas," ujar Irma Hutabarat kepada sejumlah wartawan, Selasa, (28/11/2023). 

Dijelaskannya, terpenting dalam bermain sepak bola adalah sportivitas dan solidaritas. 

"Artinya, solidaritas dan sportivitas itu adalah kunci dan juga merupakan hal yang utama dalam olah raga sepak bola ini. Kemudian, selain sportivitas dan solidaritas, kita juga harus punya tanggung jawab terhadap orangtua, terhadap pelatih dan tim masing-masing," pungkasnya seraya berharap para pemain ini bisa membuat bangga orangtua. 

Sementara itu, panitia turnamen yang diwakili Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Taput, Roni Prima Panggabean menyampaikan, berbicara sepak bola, adalah membincangkan harapan untuk masa depan yang harus digali mulai dari usia anak-anak dan remaja. 

"Artinya, minat dan bakat itu harus digali mulai usia anak-anak. Karena itu, kita berharap even ini akan melahirkan pemain tim nasional 3 sampai 5 tahun mendatang," kata Roni Prima Panggabean yang merupakan penggagas turnamen sepak bola Solidaritas Cup U-13 ini. 

Maka dari itu, Roni Panggabean berharap para pemain yang mengikuti pertandingan ini ke depannya bisa jadi pemain sepak bola profesional dan menjadi kebanggaan keluarga serta daerahnya masing-masing. 

"Even ini juga bagian dari mempersiapkan Generasi Emas 2045. Semua yang ada dan ikut terpilih dalam turnamen ini adalah yang terbaik dan harus menjadi lebih baik lagi," imbuh Lawyer sekaligus pendiri dan pemilik Kantor Hukum Roni Prima & Patners di Jakarta Selatan ini seraya mengatakan turnamen ini sengaja digelar untuk mengembangkan bakat dan minat anak dalam bermain sepak bola.

Sebelumnya, sebanyak 21 tim kesebelasan dari berbagai daerah mengikuti putaran final yang dilaksanakan di Lapangan Serba Guna Tarutung, Kabupaten Taput pada tanggal 25 sampai 26 November 2023. 

21 tim yang terpilih berasal dari beberapa wilayah seperti, Kabupaten Dairi, Pardagangan Jaya Kabupaten Batubara, Kabupaten Samosir, Laguboti Kabupaten Toba.

Kemudian Kabupaten Taput yang meliputi Kecamatan Siborongborong, Tarutung, Siatas Barita, Pagaran serta Kotamadya Pematangsiantar dan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas.

Tim yang menang pada putaran final Solidaritsa Cup tersebut yakni, Juara 1 Defuza Kabupaten Batubara.

Disusul Juara 2 Muda Karya dari Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Taput.

Selanjutnya, untuk juara III disabet Sinar Muda Dairi dari Kabupaten Dairi.

Sedangkan Juara Harapan 1 PML A Lagu Boti dari Kabupaten Toba.

Kemudian untuk Kiper terbaik dan pemain terbaik dari Defuza serta Top Score dari Siborongborong United. 

Pada kesempatan itu, Irma Hutabarat didampingi Roni Prima Panggabean dan seluruh panitia menyerahkan langsung hadiah, berupa piala dan medali kepada para pemenang.