TOBA - Polda Sumut menggelar gebyar seni budaya lintas etnis dan agama 'Pagelaran Seni Budaya dan Rotibul Haddad' di Istana Maimun, Medan, Senin (27/11/2023) malam. Kegiatan ini menandai deklarasi pemilu damai di Sumut". Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K melalui Kasie Humas AKP Bungaran Samosir Selasa, (27/11/2023) menuturkan, pagelaran tersebut sebagai bukti awal yang menandai deklarasi pemilu damai di Sumut. 
 
Pagelaran ini dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Pj Gubernur Sumut Mayjen TNI (Purn) Hassanudin, Sultan Deli XIV Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam.
 
Selain itu, juga para pemuka agama, ketua partai politik, Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu, serta Ribuan elemen masyarakat dan santri se Sumatera Utara. 
 
AKP Bungaran dalam kesempatan tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan, gebyar seni budaya lintas etnis dan agama yang digelar itu dalam rangka cooling system Pemilu Damai 2024 di Provinsi Sumatera Utara.
 
"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang aman, nyama dan kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2024," imbaunya.
 
Acara gebyar seni budaya lintas etnis dan agama ini juga dirangkai dengan doa bersama serta deklarasi pemilu damai yang akan digelar di tahun 2024. 
 
Sebelumnya Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K, menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim dan rasa persaudaraan dengan berbagai perbedaan yang dimiliki diantara sesama.
 
"Tidak berapa lama lagi negara kita akan melaksanakan pemilu di bulan Februari 2024 hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Bulan November di tahun 2024 juga. Untuk itu, mari kita bersatu dan jaga kebersamaan dan persatuan kita dengan semangat kekeluargaan dan cinta kasih antar sesama," pungkasnya.