TOBA - PWI Bona Pasogit menggelar pembekalan bagi 12 orang wartawan yang akan mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 63 tahun 2023. Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua PWI Bonapasogit Alfonso Situmorang sekaligus memberi materi di pra UKW ke 12 wartawan yang akan mengikuti UKW yang akan digelar Rabu dan Kamis (29-30 November 2023) di Hotel Purnama Balige.
 
Alfonso Situmorang didampingi Wakil Ketua PWI Bonapasogit Maruli Simanjuntak, Eduart Sinaga Ketua Panitia UKW Angkatan 63 tahun 2023, Penasehat PWI Bonaposogit Marudut Nainggolan dan Darwin Manalu Bendahara PWI Bonapasogit berharap semua peserta UKW lulus dan berkompeten.
 
Dengan menjadi wartawan yang berkompeten adalah modal untuk menjadi wartawan yang profesional dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya serta tetap berpedoman kepada Uundang Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999, ucapnya.
 
 
Ditambahkannya, para peserta yang lulus UKW nantinya akan diberi kesempatan untuk bergabung menjadi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).
 
Ketua Panitia UKW, Eduard Sinaga menyebutkan dengan semangat peserta untuk mengikuti UKW yang akan di gelar PWI Bonapasogit kedepan diharapkan akan banyak melahirkan wartawan yang kompeten.
 
"Oleh karena itulah kita berupaya keras menjalin komunikasi kerja sama dengan pihak pemerintah Daerah Kabupatan Toba melalui Dinas Komunikasi dan Informasi untuk menggelar UKW bagi wartawan-wartawati dari berbagia media yang bertugas di Kabupaten Toba dengan menggunakan Dana Hibah bantuan dari Pemkab Toba TA-2023 yang diberikan digunakan oleh PWI Bonapasogit," ujarnya.
 
Dari banyaknya wartawan-wartawati yang bertugas di Kabupaten Toba dan mendafta, hanya yang lolos mengikuti administrasi persyaratan UKW hanya 12 orang.
 
 
"Ke 12 inilah perusahan media dan wartawannya yang lolos memenuhi ketetapan persayaratan yang telah ditentukan PWI untuk menjadi peserta UKW dan hari ini kita lakukan pembekalan sebelum UKW, dilaksanakan di waktu yang telah ditetapkan," tandasnya.