TOBA – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin membuka Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba seri Balige. Pembukaan ditandai dengan parade para pembalap Aquabike yang dipimpin Hassanudin. Aquabike Jetski World Championship Danau Toba di Balige berhasil menyita perhatian masyarakat. Seribuan masyarakat memadati Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba untuk menyaksikan atraksi pembalap-pembalap Aquabike dunia, Sabtu (25/11/2023).

"Luar biasa antusias masyarakat kita, venue di sini penuh, ini yang kita harapkan, masyarakat terhibur dan pariwisata kita meningkat," kata Pj Gubernur Hassanudin, usai membuka Aquabike Jetski World Championship Danau Toba seri Balige.

Pj. Gubernur optimis ini mendongkrak pariwisata Kabupaten Toba, khususnya Balige. Tidak hanya itu, event ini juga memberikan dampak besar kepada UMKM yang berada disekitar Balige.

"Bukan cuma olahraganya, UMKM kita di sini juga merasakan dampak Aqubike, saya perhatikan stan-stan UMKM di sini juga ramai dikinjungi masyarakat, mudah-mudahan ada multiplier effect dari event ini," katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga menonton Aquabike seri Balige. Menurutnya acara ini sukses meningkatkan pariwisata Sumut.

"Hotel-hotel penuh, Dairi, Tanah Karo, Toba. Ini menunjukkan bahwa Danau Toba jika dikelola dengan baik akan meningkatkan ekonomi di Indonesia,” ucapnya saat konferensi pers.

Aquabike di Balige sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan masyarakat menonton atraksi ke-45 pembalap. Tonggam Siagian, pengunjung yang datang bersama istri dan 2 anaknya mengatakan tidak ingin melewatkan event bersejarah ini.

"Udah persiapan, bawa payung sama jas hujan karna kami tau ini musim hujan, sayang kalau dilewatkan balapan ini," kata Tonggam yang tinggal di Pematangsiantar ini.

Aquabike Jetski World Championship di Balige merupakan seri terakhir setelah Karo, Dairi dan Samosir. Seri ini akan berlangsung selama dua hari (25-26 November) dengan melibatkan 45 pembalap.

Ikut menyaksikan Aquabike seri Balige Bupati Toba Poltak Sitorus, Direktur Marketing InJourney Maya Watono dan Direktur Pemasaran H2O Racing Raimondo Di San Germano. Hadir juga Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kadispora Baharuddin Siagian serta OPD tekait lainnya. *