TAPTENG - Polres Tapanuli Tengah terima 15 laporan pengaduan dari masyarakat, atas laporan itu personil Polres Tapteng berhasil melakukan penangkapan kasus pencurian berat dan penadahnya. Saat dilakukan konferensi Pers, Kapolres Tapteng AKBP Basa Emden Banjarnahor mengatakan, berhasil diamankan keseluruhan sebanyak 21 tersangka.

"14 tersangka utama 7 pelaku penadah dan tiga diantaranya wanita. Ada tiga orang masih dibawah umur dan itu nantinya dikenakan pasal khusus," kata Kapolres Tapteng, Kamis (23/11/2023).

Dijelaskan Kapolres Tapteng, sebenarnya kegiatan tersebut hasil dari kegiatan Operasi sikat toba 2023 merupakan operasi Kepolisian yang dilaksanakan untuk melakukan pengungkapan para pelaku Pencurian, Kekerasan maupun pencurian dengan Pemberatan yang dilaksanakan selama 20 hari di jajaran Polda Sumut mulai dari 30 Oktober sd 19 November 2023.

Untuk tersangka utama akan dikenakan 363 KUHP ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman maksima 9 tahun dan untuk penadah 480 KUHP diancam hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Dari 15 Kasus ini berhasil diamankan Barang Bukti dari para tersangka antara lain ponsel 10 Unit, Kotak ponsel 9 Unit, Sepeda motor 2 Unit, BPKB R2 1 Buah, Mesin Dompeng 1 Buah, Flashdisck 2 Buah, Gunting Besi 1 Buah.

Selanjutnya, Uang Tunai Rp. 65.215.000, Cincin emas 1 Buah, Kalung Emas 1 Buah, Gelang Emas 1 Buah, Cincin warna kuning 1 Buah, Dompet 2 Buah, Tas Sandang 2 Buah, Karung Rusak 1 Buah dan Papan ukuran 70 Cm 1 Lembar.

AKBP Basa Emden Banjarnahor juga menjelaskan, bahwa jumlah tersangka yang dihadirkan sebanyak 8 orang karena dari jumlah total tersangka 21 orang ada sebagian di tahan di Polsek dan dititip di Lapas.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Tapteng menghimbau agar lebih berhati hati khususnya masyarakat yang memiliki sepeda motor untuk tidak lupa saat meninggalkan sepeda motor dikunci ganda dan waspada menyimpan barang berharga emas maupun ponsel.

"Masyarakat yang memiliki rumah dengan keamanan yang kurang seperti mungkin jendelanya jendela kayu agar dipasang pengamanan ganda seperti teralis besi sehingga keamanan lebih maksimal," timpalnya.