MEDAN - Bazar UMKM dan berbagai perlombaan meriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Medan, Kamis (23/11/2023) di halaman Kantor Dinas Kesehatan Medan, Jalan Rotan Medan Petisah, Kamis (23/11/23). Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Taufik Ririansyah, M.K.M mengatakan, HKN ke-59 yang pada tahun ini mengangkat tema 'Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju' menjadi momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan kesehatan seperti pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, Dinas Kesehatan Kota Medan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan di berbagai sektor, sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Medan.

"Semoga di HKN ini juga bisa memudahkan kita dalam mewujudkan masyarakat Medan yang lebih sehat dan kuat," kata dr Taufik Ririansyah, M.K.M dalam puncak perayaan HKN ke-59.

Dalam kesempatan itu, Taufik juga mengapresiasi kepada seluruh panitia HKN ke-59 tahun 2023 yang telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan peringatan dengan baik dan lancar.

Mulai dari pelaksanaan seminar di 8 rumah sakit yang ada di Kota Medan, pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan, penyerahan sertifikat akreditasi pada sejumlah puskesmas yang ada di Kota Medan.

Bahkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada ratusan ASN Pemko di halaman Kantor Wali Kota Medan mulai dari pemeriksaan Skrining TB, Skrining Penyakit Tidak Menular, dan Skrining Kesehatan Jiwa dan Pemeriksaan Mata juga pembagian kacamata gratis. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan kesehatan pada ASN sendiri.

"Dan, hari ini puncaknya dengan menggelar bazar serta sejumlah perlombaan," jelasnya pada wartawan.

Taufik menyampaikan, ada 6 pilar yang harus dijalankan sebagaimana tema tahun ini 'Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju'.

Oleh karena itu, diharapkannya semua bisa mengikuti perubahan terhadap 6 pilar tersebut yang telah dirumuskan secara mendasar untuk pelayanan kesehatan.

"Maka, saat ini kita tengah menggalang kekuatan kita dan seluruh kemampuan kita untuk melatih dan mencoba berintegrasi dengan dunia digital satu sehat. Supaya kita lebih mapan dalam melayani kesehatan di masyarakat," terangnya.

Dia juga menerangkan, tujuan selama ini yang masih terhambat, diharapkan bisa tercapai. Salah satunya, dikatakan Taufik, adalah informasi target kinerja untuk akredistasi seluruh puskesmas.

"Semoga hingga akhir tahun ini semua berjalan lancar dan baik," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam rangka peringatan HKN ke-59, Dinas Kesehatan Kota Medan menghadirkan serangkaian kegiatan yang dimulai pada Senin 13-23 November.

Ketua Panitia HKN ke-59 Kota Medan, dr. Heva Julietta Sinaga mengatakan, puncak peringatan HKN ke 59 Kota Medan akan menghadirkan berbagai kegiatan, seperti stand, bazar, perlombaan nyanyi solo, perlombaan senam Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan fashion show dengan pakaian rapi.

"Harapan kita dengan HKN ini adalah untuk memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat, meningkatkan pelayanan kesehatan, dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tukas Heva Sinaga.