SAMOSIR  – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan Sumut siap menggelar Aquabike Jetski World Championship 2023. Hal itu ditegaskannya setelah meninjau sejumlah venue lokasi pelaksanaan event internasional di kawasan Danau Toba tersebut. “Tadi kita sudah meninjau seluruh kesiapan venue Aquabike, yang terlihat seluruh venue siap ya, semoga event Aquabike Jetski World Championship 2023 berjalan lancar sesuai rencana yang diagendakan,” kata Pj Gubernur saat ditemui wartawan usai meninjau seluruh venue Aquabike World Championship, Selasa (21/11/2023).

Antara lain Pj Gubernur meninjau Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir dan Pantai Sinalsal, Tongging, Kabupaten Karo, tempat Pembukaan acara Aquabike Jetski World Championship, dan Venue Aquabike Dermaga Wisata Pantai Silalahi, Dairi.

Turut mendampingi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Zumri Sulthony dan Pj Sekda Samosir Rita Tavip Megawati.

“Event Aquabike Jetski World Championship bakal mengukir prestasi dan sejarah baru, dengan demikian kawasan destinasi pariwisawa Danau Toba akan semakin mendunia,” kata Pj Gubernur.

Pj Gubernur juga mengharapkan event Aquabike yang akan digelar di empat kabupaten yakni Karo, Dairi, Samosir dan Toba, menjadi momentum untuk mempromosikan kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Juga diharapkan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal, serta terciptanya lapangan pekerjaan.

Pj Gubernur juga mengajak seluruh komponen masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan objek wisata, agar terlihat nantinya terlihat nyaman, asri dan bersih. Venue yang sudah ada saat ini, juga diharapkan dapat terus terawat. Karena venue tersebut merupakan aset bagi Danau Toba untuk mempromosikan daya tariknya sebagai destinasi sport tourism.

“Potensi sport tourism juga kita kembangkan saat ini, venue-venue yang sudah ada ini kita harapkan dapat kita jaga dan manfaatkan bersama,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gultom juga menyampaikan apresiasi kepada Pj Gubernur Sumut beserta jajaran yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan Aquabike Jetski World Championshiop di Samosir.

“Kita sangat apresiasi kepada Pak Pj Gubernur yang memberikan perhatian serius terhadap kegiatan ini. Tentu ini menjadi satu spirit bagi panitia untuk bekerja maksimal agar kegiatan ini sukses,” pungkasnya.

Bupati juga menyampaikan persiapan sudah mencapai 100%. Selain itu, venue juga sudah bisa digunakan termasuk kantong-kantong parkir juga sudah disiapkan.

Secara terpisah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus menyampaikan kegiatan balapan jetski tersebut dimulai dari 22 November di Karo, 23 November di Dairi, 24 November di Samosir, dan 25-26 November 2023 di Toba. Ada beberapa kategori mulai dari endurance, freestyle, slalom, ski ladies, dan masih banyak lainnya.

Selain event yang terkait jetski, ada pula side event dimulai dari pesta rakyat, penampilan artis nasional serta lokal, kompetisi solu bolon dan lain sebagainya.

“Event ini kelasnya internasional, diikuti sekitar 118 pebalap dari berbagai negara, kita harap kesempatan ini bisa terasa manfaatnya bagi masyarakat tuan rumah, dan bedanya dengan F1 Powerboat kemarin, acara ini seluruhnya gratis,” kata Ilyas. *