PALAS - PT Sumatera Sylva Lestari (SSL), Kabupaten Padanglawas(Palas) memberikan bantuan kepada masyarakat disekitar operasional perusahaan untuk dua kelompok tani,di Kecamatan Barumun Tengah dan Kecamatan Huristak. Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa traktor tangan diberikan kepada kelompok tani Sahata Desa Janji Raja dan Kelompok Tani Abadi, Desa Ganal.

Humas Perusahaan PT SSL, Mompang Harahap didampingi Boris Yegor Perhusip menyebutkan, bantuan berupa traktor tangan merupakan bentuk upaya perusahaan mendukung program pertanian masyarakat desa.

Dikatakan, mayoritas masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani merupakan petani yang sudah lama membudidayakan padi di lahan pertanian di wilayah desa mereka.

"Saat ini kelompok tani sebelumnya sudah memiliki mesin traktor tangan namun hampir semuanya saat ini dalam kondisi rusak berat,"ungkap Mompang, Selasa (21/11/2023).

Mompang menyebutkan, hingga saat ini perusahaan telah menyalurkan sebanyak 4 unit mesin traktor tangan untuk beberapa kelompok tani yang terdapat dibeberapa desa berbatasan dengan konsesi perusahaan yakni Desa Tar Sihoda-hoda dan Pangikiran Dolok.

Mompang menambahkan, setidaknya akan ada tiga alat dan mesin pertanian yang kembali akan diberikan kepada kelompok tani dibeberapa wilayah operasional perusahaan.

"Bantuan alsintan ini ditujukan untuk optimalisasi mekanisasi pertanian warga dan dengan bantuan ini diharapkan mampu mendukung usaha pertanian produktif yang dikelola kelompok tani demi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ketua Kelompok Tani Sahata Desa Janji Raja, Parlindungan menyebutkan, sangat terbantu atas pemberian traktor tangan yang diberikan manajemen perusahaan untuk kelompok tani yang ia pimpin. Ia juga mengucapkan terimakasih atas bantuan mesin alsintan tersebut.