TOBA - PT Indonesia Asahan Aluminium (PT Inalum) Persero memberikan bantuan bagi korban terdampak banjir bandang dan longsor di Kabupaten Humbang Hasundutan. Bantuan berupa beras 1.280 kg, 128 kg gula pasir, 128 kg minyak goreng, 128 dus mie instan diserahkan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan.
 
Devisi Kehumasan Inalum, Charis Simangunsong dalam siaran persnya, Senin (20/11/2023) menyebutkan bantuan tersebut disalurkan pada 16 November 2023 di kantor Kecamatan Bakti Raja yang merupakan posko pengungsian dan dapur umum. 
 
Sebagaimana informasi yang diperoleh, jumlah masyarakat yang terdampak bencana alam tersebut sebanyak 128 KK dari 2 desa, 80 Ha lahan persawahan rusak dan 2 rumah warga rusak berat. 
 
 
Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Pj Sekda Humbang Hasundutan Chiristison Rudianto Marbun, M.Pd mengucapkan terima kasih atas kepedulian dan reaksi cepat tanggap yang PT Inalum.
 
Vice President CSR PLTA PT Inalum, Zainuddin Igbal Sidabutar mengatakan saat pihaknya mendapat kabar musibah ini, tim tanggap bencana PT Inalum merespon cepat dan berkoordinasi langsung dengan Pemerintah Daerah setempat terkait bantuan yang dibutuhkan masyarakat.
 
”PT Inalum berkomitmen untuk hadir dalam membantu korban-korban bencana alam yang terjadi dan kami berharap bantuan yang kami serahkan kepada masyarakat terdampak melalui pemerintah daerah dapat meringankan beban yang dialami serta bisa membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak musibah bencana banjir”, ungkap Zainuddin Igbal. 
 
 
Selain bantuan tersebut, PT Inalum juga memberikan peralatan dan perlengkapan dapur umum di Kecamatan Harian Kabupaten Samosir sebagai bentuk untuk membantu dan mendukung percepatan penanganan terhadap warga yang terdampak akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada 13 November 2023. 
 
Bantuan diserahkan langsung kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir melalui Asisten Pemerintahan Tunggul Sinaga, disaksikan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Desa, Fitri Agust Karokaro serta Kepala Bidang Kominfo Kabupaten Samosir di lokasi posko pengungsian dan dapur umum. 
 
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mengucapkan terima kasih kepada PT Inalum yang sudah memberikan bantuan berupa peralatan dan perlengkapan Dapur Umum sehingga Pemerintah Kabupaten Samosir tidak perlu lagi meminjam peralatan dan fasilitas dapur umum dari Kabupaten tetangga. 
 
Sebagaimana informasi yang diterima, penyebab bencana banjir bandang di Kecamatan Harian Kabupaten Samosir disebabkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga mengakibatkan banjir bandang dan menimbulkan kerusakan di Desa Siparmahan, Desa Dolok Raja. Desa Sampur Toba, Kabupaten Samosir.