TOBA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba menggelar Festival Lagu dan Musik Akuistik tahun 2023 di Komplek Monumen Tugu DI Panjaitan Balige Kecamatan Balige Kabupaten Toba Minggu, (19/11/2023). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba, Rusti Hutapea, mengatakan kegiatan ini digelar upaya mengembangkan dan melestarikan kebudayaan daerah sekaligus dalam rangka memeriahkan even Jetski Grand Prix Aqua Bike Lake Toba Championship 2023 yang akan dilaksanakan di Danau Toba Veniue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

Kegiatan ini sambungnya digelar di 4 kabupaten se-kawasan Danau Toba, yakni Karo, Dairi, Samosir dan Toba pada 25-26 November 2023.

Bupati Toba Poltak Sitorus mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Bupati berharap, kegiatan ini akan dapat menerapkan nilai-nilai Batak Na Raja, serta kegiatan ini bisa berkelanjutan untuk kedepannya. 

"Selamat kepada para juara. Bagi yang belum berhasil juara, jangan kecewa, perbaiki lagi. Apa yang kurang dievaluasi, harus mau memperbaiki, karena tidak ada yang langsung sempurna. Pature torus, torus pature!," ucapnya.

Pemenang Festival Lagu dan Musik Akuistik 2023 berhasil diraih Suarahita Kustik (Juara 1), Hollykustik (Juara 2), Toba Arts Band (Juara 3).

Untuk juara harapan 1, berhasil diraih group musik Jabu Habinsaran, harapan 2 Fiveone Band, dan juara harapan 3 SMA N 1 Siantar Narumonda. 

Seluruh pemenang mendapatkan tropy, piagam, dan uang pembinaan, serta hadiah dengan total hadiah sebesar Rp 24 juta.

Sebelumnya, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba menyebutkan, untuk Festival Lagu dan Musik Akuistik 2023 ini diikuti 18 peserta dari 5 Kabupaten se kawasan Danau Toba ( Dairi, Kabupaten Humbahas, Taput, Toba dan Samosir).

Untuk jumlah group musik sebagai peserta lomba tidak dibatasi jumlah tim/group musik dari setiap Kabupaten sebagai pesertanya.

"Untuk Tim peserta lomba terbanyak berasal dari tim Musik Akuistik Kabupaten Toba," sebut Patar Silalahi seraya menambahkan festival ini digelar dalam 2 babak lomba (babak penyisihan dan final).

Turut hadir mendampingi Bupati Polrak Sitorus, Sekretaris Daerah Augus Sitorus, Staf Ahli Bupati Darwin Sianipar.