ASAHAN - PT PLN ULP Simpang Kawat, UP3 Rantau Prapat akan memadamkan listrik di sebagian 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan pada Senin, (20/11/2023) dari pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB. Keempat kecamatan tersebut adalah Sei Dadap, Air Batu, Simpang Empat dan Teluk Dalam.

Namun dari 4 kecamatan tersebut, tidak keseluruhannya yang padam. Hanya terdapat beberapa desa saja yang padam.

Hal ini dibenarkan Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman kepada Gosumut.com, Minggu (19/11/2023).

"Iya benar, besok hari Senin akan dilakukan pemadaman listrik dibeberapa titik lokasi," terang Mujibur Rahman.

Ia memaparkan, pemadaman ini merupakan pemadaman meluas dari Gardu Induk Kisaran. 

Tujuan dari pemadaman listrik itu adalah untuk memelihara jaringan listrik dengan upaya meningkatkan keadaan listrik khususnya di sekitar 4 Kecamatan di Kabupaten Asahan tersebut.

"Dimana PLN melakukan pemeliharaan berkala pada peralatan di jaringan listrik dan perintisan pohon di sekitar jaringan listrik untuk mengurangi potensi padamnya listrik karena tertimpa dahan pohon khususnya pada kondisi cuaca ekstrem yang terjadi pada musim hujan ini," terangnya.

Untuk itu selaku Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman meminta maaf kepada pelanggan atas terganggunya kegiatan masyarakat diakibatkan pemadaman yang dilakukan PLN dalam kegiatan pemeliharaan jaringan listrik

Mujibur Rahman mengimbau masyarakat, agar ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan dan keselamatan kelistrikan dengan cara tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik untuk menghindari benang layang-layang tersangkut di jaringan listrik yang berpotensi menyebabkan gangguan aliran listrik dan aktif menyampaikan kepada PLN apabila menemukan potensi potensi yang dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para pelanggan, apabila pelanggan menggunakan genset, agar dipisahkan dengan instalasi PLN.

"Kami tetap berupaya agar bisa memberikan pelayanan listrik yang lebih baik kepada pelanggan. Untuk itu kami berharap, para pelanggan bisa berpartisipasi dalam menjaga keandalan dan keselamatan kelistrikan, demi kenyamanan kita bersama," pungkas Manager PT PLN ULP Simpang Kawat, Mujibur Rahman.

Adapun titik lokasi yang akan padam pada Senin besok adalah, Perk Sei Dadap, Hessa Air Genting, Jasatani, Simpang Kawat, Sipaku Area, Sei Dua Sipaku, Bukit Rejo, Air Teluk Kiri, Sipule-pule dan Simpang Teluk Dalam.

Selain itu, juga Air Batu Palang, Pisang Binaya, Simpang Padat Karya, Silomlom, Kampung Baru, Tangkahan Padang, Tangkahan Siu-siu, Tangkahan Lima, Pulo Gapuk dan Suka Raja.

Juga Peck Cong Lie, DTAA, Jampalan Baru, Melati, Huta Ginjang, Silaut-laut, Hessa Kebun Kelapa, Kampung Lawas, Sijabut Penggalangan dan Sekitarnya.

Apabila pekerjaan selesai sebelum jadwal yang sudah ditentukan, maka aliran tenaga listrik akan dinormalkan kembali.