LANGKAT - Anggota DPR RI, Nasril Bahar SE meresmikan 500 unit Penerangan Jalan Utama Tenaga Surya (PJU-TS), Minggu (19/11/2023) di Desa Suka Rakyat, Kecamatan Bahorok.


Politisi PAN ini dalam sambutannya memaparkan, 350 Unit PJU TS dialokasikan di Langkat dan 150 unit di Asahan.

Menurut dia, ini merupakan program mitra kerja komisi VII dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

"Tahun 2024 kita upayakan lebih banyak lagi berdasarkan usulan kebutuhan permohonan masyarakat desa melalui rekomendasi kepala desa ditampung dan direalisasikan melalui aspirasi," ujarnya.

Kata dia, Pemkab Langkat cukup mendukung program aspirasi dimaksud, sehingga pihaknya fokuskan membangun prasarana menuju daerah wisata.

Diuraikannya, peresmian PJU TS dapat mendongkrak ekonomi masyarakat dan memberikan rasa nyaman bagi lingkungan karena terang benderang di malam hari. Sirkulasi ekonomi masyarakat desa akan terlihat meningkat seiring kemajuan daerah.

Selain itu juga, hal trsebut merupakan strategi penghematan energi listrik yang merupakan salah satu perwujudan visi misi presiden Joko Widodo yakni pembangunan yang merata dan berkeadilan.

Sementara, perwakilan Ditjen Kementerian ESDM, Endah menjelaskan anggaran tahun 2015 kementerian telah terpasang sebanyak 111.233 Unit PJU-TS setara dengan 5.561 KM jalan utama.

"Hingga tahun 2022 telah terealisasi terpasang 22.546 Unit PJU-TS setara dengan 1.027 KM jalan utama tersebar di 36 propinsi," ungkapnya.