PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) secara resmi membuka turnamen sepakbola zona II Piala Bupati Cup III Tahun 2023, di lapangan hijau Bukit Berbunga, Kecamatan Sosa, Sabtu (18/11/2023). Turnamen sepakbola Bupati Padanglawas Cup III, bertemakan "Junjung Tinggi Sportivitas Untuk Memasyarakat Olahraga".

Pembukaan ditandai dengan tendangan kehormatan oleh Plt Bupati Palas didampingi Sekretaris Daerah, Arpan Nasution dan pimpinan OPD, unsur Forkopimda.

Tampak juga hadir, Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay, Camat Sosa Julu, Mulyadi Hasibuan, Kepala Desa Pasar Ujung Batu Sosa, Jumpa Taufik Hasibuan, anggota DPRD Palas.

Plt Bupati Palas, H.Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, turnamen sepak bola merupakan salah satu wadah silaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, katanya, event turnamen sepak bola, bukan hanya sekedar ajang kompetisi dan untuk mengejar prestasi, namun juga bisa dijadikan penggerak roda perekonomian masyarakat.

“Bisa kita lihat, selain masyarakat yang akan menyaksikan pertandingan, juga banyak para pedagang di samping lapangan. Itu menandakan, bahwa setiap event olahraga, khususnya sepak bola bisa memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat,” ujar Plt Bupati.

Selanjutnya, ia menyampaikan, apresiasi kepada panitia Askab PSSI Palas yang telah menggelar turnamen di tiga zona mencakup zona eks Barumun, zona eks Sosa dan zona eks Barumun Tengah.

Menurutnya, selain sebagai ajang untuk mengapresiasi bakat dan minat masyarakat, khususnya pemuda dalam olahraga sepak bola, juga sebagai media hiburan bagi masyarakat.

Plt Bupati juga berpesan, selama pelaksanaan turnamen berlangsung, semua tim dapat menjaga kondusifitas dan keamanan bersama dengan menjunjung tinggi sportifitas dan fairplay, karena tujuan utama turnamen adalah memperkuat silaturahmi.

“Seluruh tim dan official untuk bisa menjunjung tinggi sportifitas di turnamen sepakbola ini," ucap Plt Bupati.

Ditambahkan, jadilah pemenang sejati, hormati pemain lawan dan hormati wasit sebagai pengadil pertandingan. Karena tujuan utama turnamen adalah memperkuat silaturahmi dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Wasit berdiri di tengah, sehingga turnamen menghasilkan kompetisi objektif dan berkualitas," harapnya.

Plt Bupati juga berpesan, turnamen ini juga sebagai ajang pengembangan bakat sekaligus pencarian bibit-bibit pemain muda berbakat khusus atlit sepakbola.

Untuk final turnamen kompetisi akan digekar di lapangan Bukit Berbunga Pasar Ujung Batu, Kecamatan Sosa,tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Askab PSSI Kabupaten Palas, Zainuddin Haaibuan mengatakan, turnamen sepakbola diikuti 41 tim club sepekabola. Pertandingan mengunakan sistim setengah kompetisi.

"Diperkirakan turnamen sepakbola ini akan berlangsung selama 45 hari sampai final nantinya," terangnya.

Pertandingan diawali eksibisi antara Pemkab Palas dengan Tim Lejen Pasar Ujung Batu Sosa dalam memeriahkan gelora olahraga sepakbola.