MEDAN - Manajemen AQUA mengumumkan para pemenang Kompetisi Jurnalistik AQUA 2023 untuk Wartawan di Sumatera Utara dalam suatu acara Kamis (16/11/2023) sore di Cafe Rumah Pohon, Jl. Sei Belutu, Medan. Pemenang pertama dalam kompetisi jurnalistik ini adalah Laila Azizah dari Sumut Pos dengan judul tulisan "AQUA Bersama Kelompok Tani Sehat Ingin Sejahterakan Petani di Langkat: Bertekad Bangun Rumah Industri Kompos."

Michael Liemena, Corporate Communications Manager Danone-AQUA  yang juga merangkap juri mengemukakan Laila menggarap laporan jurnalistik tersebut  dengan melakukan repostase maksimal ke lapangan. Ia menjangkau sejumlah narasumber mulai petani, tokoh masyarakat, mitra AQUA, manajemen Pabrik AQUA, hingga pejabat berkompeten di Langkat maupun pemerintahan provinsi Sumut di Medan. "Laila menuliskan hasil reportase itu dengan sangat bagus di medianya," jelas Michael Leimena didampingi dua orang juri lainnya, yaitu wartawan senior Maskur Abdullah dan Nurhalim Tanjung.

Hadir dalam acara itu antara lain External  Relations Danone-AQUA Wilayah Sumatera Wirnos, Stakeholder Relations Manager Pabrik AQUA Berastagi Esron Siringo-ringo, Stakeholder Relations Manager Pabrik AQUA Langkat Jimmi Simorangkir, Direktur Eksekutif Yayasan Sources of Indonesia (SOI) Renta Morina E Nababan selaku mitra AQUA, dan para wartawan yang mengikuti kompetisi jurnalistik.

AQUA menyelenggarakan Kompetisi Jurnalistik khusus bagi Sumatera Utara ini untuk pertama kali, mengingat semakin pentingnya peran wartawan dalam mendukung kelestarian sumber air dan lingkungan guna mendorong kesejahteraan masyarakat dengan kegiatan ramah lingkungan yang memberi manfaat ekonomi. Karya yang dapat mengikuti Kompetisi Jurnalistik ini dipublikasikan di media online maupun surat kabar/tabloid/majalah pada periode 15 September 2023 sampai 8 November 2023.

Selain Laila, tampil sebagai pemenang kedua dalam Kompetisi Jurnalistik ini Rizal Rudy Surya dari Harian Analisa dengan judul tulisan "Ingat Bank Sampah, Ingat AQUA Berastagi", disusul pemenang ketiga Truly Okto Purba  dari TribunMedan dengan judul tulisan "Kiprah Bank Sampah Mela Melket: Ajak Warga Peduli, Sampahku Kini Jadi Tanggung Jawabku."

Kompetisi jurnalistik ini juga memilih tiga pemenang harapan yaitu, Evalisa Siregar  dari LKBN Antara dengan judul "Ketika AQUA berhasil mengajak ibu-ibu di Langkat "menyulap" pekarangan jadi pundi-pundi uang", Sasli P. Simarmata dari medanbisnisdaily dengan judul tulisan "Berkat AQUA, Supriyanto Mantapkan Hati Beralih ke Pertanian Organik Ramah Lingkungan", dan Nanang, SS dari Karodaily.id dengan judul tulisan "Setahun, Nasabah Bank Sampah Mela Melket Berastagi Tabung Puluhan Juta Rupiah."

Michael Liemena menyampaikan apresiasi dan penghargaan berupa sejumlah uang kepada para pemenang. "Bagi para peserta yang belum terpilih sebagai pemenang diharapkan tetap semangat, mudah-mudahan dalam kegiatan mendatang bisa menjadi pemenangnya dengan hadiah lebih besar," katanya.

Dia juga mengemukakan para pemenang pertama hingga ketiga akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri Festival Danone-AQUA pada pertengahan Desember 2023 mendatang. "Kalau tidak ada hambatan festival ini direncanakan berlangsung pertengahan Desember 2023, apabila jadwal berubah mungkin di Januari 2024," ungkapnya.

Laila Azizah dalam kesempatan menceritakan pengalaman reportasenya mengatakan ia tidak menduga menjadi pemenang pertama dalam kompetisi jurnalistik ini. "Soalnya, banyak peserta kompetisi ini adalah para wartawan berpengalaman, tapi Alhamdulillah saya bisa menjadi pemenang pertama," katanya semringah.*