LABUHANBATU – Personel Posko KBN Polres Labuhanbatu melaksanakan sosialisasikan bahaya narkoba dengan cara sambang ke rumah-rumah warga, Senin (13/11/2023). Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH., MH., MIK melalui Kasi Humas IPTU P. Napitupulu menjelaskan, kegiatan tersebut bertempat di sekitar di wilayah kerja Posko KBN Lingk. Padang Bulan Rantauprapat Kab. Labuhanbatu.

Adapun Personel yang melaksanakan kegiatan, AIPTU Andi Fahri, AIPTU Sumedi bersama Kepling dan Penjaga Pos KBN.

Kasi Humas menjelaskan, kegiatan sambang dan sosialisasi tersebut dilakukan untuk mengajak warga yang tinggal di Lingk. Padang Bulan bersama-sama menolak segala bentuk peredaran gelap serta penyalahgunaan narkotika di lingkungan tersebut.

Hal itu merupakan tindak lanjut setelah dibentuk 13 Kampung Bebas dari Narkoba (KBN) di wilayah Polres Labuhanbatu dan jajarannya.

“Bahwa lokasi KBN dipilih berdasarkan data kerawanan tindak pidana narkotika serta informasi dari masyarakat terkait maraknya peredaran dan penyalahguna narkoba di lingkungan tersebut,” ujar Kasi Humas.

Selain melakukan sosialisasi, personel juga secara rutin dan bertahap terus melakukan patroli, pagi hari, siang maupun malam hari sebagai upaya menekan ruang gerak para pelaku tindak pidana narkoba.

“Personel juga mengajak warga Lingk. Padang Bulan untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian apabila mengetahui tentang peredaran dan penyalahguna narkoba di lingkungan tempat tinggal mereka,” tandasnya.

Selain upaya preemtif, preventif maupun represif dalam penanganan tindak pidana narkoba, Polres Labuhanbatu juga mengedepankan upaya rehabilitasi narkoba terhadap para korban/pelaku penyalahgunaan narkoba.

"Polres Labuhanbatu berkomitmen dalam memberantas peredaran gelap narkoba serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan nyaman serta bersih dari narkoba," pungkasnya.