MEDAN - PT Sentra Cipta Inovasi merupakan perusahaan pengelola batu bata ringan Autoclaved Aerated Concrete (AAC) yang beroperasi di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2021 ini sudah memiliki pasar yang cukup luas di Sumatera Utara. 
 
Hal ini, dikatakan CEO Litecon, Iwan Tirta adalah karena konsistensi dalam mengembangkan inovasi-inovasi baru dibidang material bangunan. Sehingga arsitek, insinyur dan kontraktor akan mendapatkan akses bahan bangunan yang ramah lingkungan. 
 
Sedangkan untuk tahap pengiriman, perusahaan yang berlokasi di Jalan Socfindo Dusun I Desa Sei Sijenggi, Kecamatan Perbaungan Serdang Bedagai ini dinilai memiliki lokasi yang strategis dan juga akan memungkinkan pengiriman sampai ke tujuan dalam waktu kurang dari 24 jam. 
 
Iwan Tirta menjelaskan, batu bata ringan AAC ini berguna sebagai penyekat dinding, baik internal maupun eksternal pada perumahan dan bangunan komersial. Bahkan, bata ringan sudah cukup populer di seluruh dunia.
 
“Tahan api dan lebih kedap suhu dan suara. Produksi bata ringan AAC juga ramah lingkungan karena tidak mengambil tanah dari lahan subur yang masih produktif seperti pabrik batu bata pada umumnya. Biasa digunakan di rumah, gudang, bioskop dan bangunan komersial lainnya,” jelas Iwan Tirta, Senin (13/11/2023).
 
Iwan menjelaskan rincian bata ringan AAC yang diproduksi memiliki spesifikasi panjang 60cm, tinggi 20cm dan lebar 10cm dengan jumlah per kubiknya 83 buah setara dengan 1000 buah bata biasa dan dapat menghasilkan bangunan 10 meter persegi (m2). 
 
Awal pengolahan dilakukan penimbangan atau dosing bahan baku secara otomatis pada batching plant lalu pencampuran di dalam mixer. Setelah seluruh material tercampur sempurna, dilakukan penuangan ke cetakan lalu adonan di dalam cetakan dibiarkan mengembang di ruangan pre-curing.
 
Terkait izin produksi, Iwan Tirta menegaskan bahwa izin produksi sudah dikantongi dari dinas terkait. 
 
Bagi pelanggan yang ingin mengakses batu bata ringan AAC, bisa menghubungi nomor kontak 081399888880.