MADINA - Kapolda Sumut, Irjen Agung Setya Imam Effendi memimpin langsung operasi perburuan ladang ganja terbesar wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Dari data yang himpun, Sabtu, (11/11/2023), terdapat 18 titik lokasi ladang ganja yang berada di area perbukitan dan pegunungan. 
 
Untuk mencapai lokasi, tim harus berjalan kaki dengan ekstimasi waktu perjalanan selama 6 sampai 10 jam.
 
Turut dalam operasi pemberantas ganja itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan, Dansat Brimob, Dirkrimum, Dirnarkoba dan Kapolres Madina, AKBP Reza Chairul Akbar Sidiq.
 
Kapolda Sumut mengatakan, lokasi operasi perburuan ganja itu di berada di Desa Laru Lombang, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina.
 
"Ada 18 titik lokasi ladang ganja di lokasi ini yang ditemukan setelah dipetakan melalui jaringan satelit dan cara manual dengan luas 150 hektar," ujar Kapolda.
 
Agung mengungkapkan, dalam penemuan ladang ganja itu telah diamankan pemilik ladang dan kurir yang membawa hasil panen ganja untuk dijual.
 
"Kondisi area temuan ladang ganja ini cukup sulit untuk dilalui karena berada di area perbukitan dan pegunungan. Namun begitu personel berhasil menemukan ladang ganja itu," ungkapnya.
 
Mantan Kapolda Riau ini menegaskan, Polda Sumut bersama Kodam I Bukit Barisan akan membasmi lokasi ganja itu sebagai langkah tegas dalam pemberantasan narkoba karena menjadi musuh bersama.
 
"Hasil dari ladang ganja itu akan diedarkan di Kota Padang yang dikendalikan napi di Lapas Padang. Terhadap napi itu telah diamankan untuk diperiksa di Polda Sumut," pungkasnya.