PALAS - Sebanyak tiga orang Muhaddits dan Muhadditsah dari santri pondok pesantren (Ponpes) Al Mukhlisin Sibuhuan, menerima tali asih dari Pemkab Padanglawas (Palas) di peringatan Hari Pahlawan. Tali asih tersebut diberikan Sekda Palas Arpan Nasution,S.Sos, usai upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Palas, Komplek Perkantoran Sigalagala Sibuhuan.

Plt Bupati Padanglawas melalui Sekretaris Palas mengapresiasi ketiga Muhaddits dan Muhadditsah yang berhasil menjuarai STQH Nasional 2023 di Provinsi Jambi sebagai duta Provinsi Sumatera Utara asal dari Kabupaten Palas.

Arpan Nasution juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Palas menyerahkan tali asih sebesar Rp15 juta kepada Akhiruddin, yang meraih Juara l Hadits 500 tanpa sanad putra.

Sedang Linni Marito Simanjuntak meraih Juara ll 500 Hadits dengan sanad putri, dan Meilda Nazwa Simanjuntak sebagai Juara III 100 Hadits dengan sanad putri, masing-masing menerima tali asih Rp10 juta.

"Semoga prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan diajang nasional bahkan international,"kata Sekda, Minggu (12/11/2023).

Sementara Al Ustad Daulat Muhammad Amin Pulungan, MA, selaku pelatih dan pembimbing Cabang Hadits yang dihunjuk LPTQ Palas, juga menerima apresiasi dan penghargaan dari Pemkab Palas.

Ketua Yayasan Ponpes Al Mukhlisin Sibuhuan, H. Rizal Efendi Daulay, MM bersama Pimpinan Ponpes Al Mukhlisin, H Achmad Fauzan Nasution mengatakan keberhasilan dan prestasi yang telah diraih santri ini tidak terlepas dari kerja keras dan kesabaran para ustadz dan ustadzah selaku tenaga pendidik.

"Keberhasilan ini merupakan anugerah atas keberkahan atas segala upaya yang telah dilakukan dengan sabar dan tekun selama ini, baik para ustadz dan ustadzah juga para santri yang giat berlatih demi mencapai  prestasi yang mengharumkan nama Ponpes Al Mukhlisin Sibuhuan," pungkasnya.