PALAS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padanglawas (Palas) Arpan Nasution, S.Sos, membuka sosialisasi rencana kegiatan eksplorasi migas oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Asserra Petrolindo Gemilang (APG) Westkampar Indonesia.


Kegiatan sosialisasi Eksplorasi migas bersama Pemkab Palas yang melibat unsur pemerintah kecamatan dan desa diwilayah yang di prediksikan adanya migas, di Aula Kantir Camat Hutaraja Tinggi.

"Pemerintah daerah mendukung sosialisasi ini dengan harapan kegiatan eksplorasi migas oleh KKKS APG Westkampar Indonesia dalam mengelola sumber daya alam berhasil dan memberi manfaat bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat," kata Sekda Arpan Nasution, Sabtu (11/11/2023).

Ia berharap, semua pihak dapat menyambut dan mendukung kegiatan eksplorasi migas ini, mudah-mudahan nanti berjalan dengan lancar.

Karena untuk kemajuan daerah, lanjutnya, dibutuhkan investasi, tanpa investasi Kabupaten Palas tidak akan maju dan berkembang sejajar dengan Kabupaten/kota lainnya.

Arpan juga mengajak, semua pihak mendukung investor untuk investasi didaerah ini guna mendorong kegiatan ekonomi ditengah masyarakat.

Ditambahkan, rencana kegiatan eksplorasi migas yang akan dilakukan KKKS APG Westkampar Indonesia diharapkan akan membawa efek positif untuk pembangunan Kabupaten Palas ke depan, dan menambah porsi Dana Bagi Hasil (DBH) dari sektor Migas.

Sekda meminta, ke depan perusahaan industri hulu migas dapat memberikan kesempatan bagi putra daerah Palas, agar bisa bekerja di perusahaan APG sebagai upaya mengurangi angka pengangguran.

"Kami tidak ingin hanya jadi penonton saja, namun harus ada manfaatnya bagi putra daerah setempat, dan diharapkan ada jalur bagi putra daerah Kabupaten Palas bisa bekerja di perusahaan Migas," ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan eksplorasi nanti, dapat selalu mengedepankan aspek lingkungan di atas segalanya.

"Perhatikan kearifan lokal di mana kita bekerja, bangun komunikasi dengan baik," harap Sekda.

Sebelumnya, Camat Hutaraja Tinggi, Sudaryono mengatakan, kegiatan sosialisasi rencana eksplorasi migas akan dilaksanakan di wilayah desa yang berbatas dengan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Ia berharap, eksplorasi migas oleh KKkS APG Westkampar Indonesia ini di di dukung masyarakat agar memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan.

Sementara itu, Humas PT Asserra Pertrolindo Gemilang (APG) Doly Simbolon membenarkan, sosialisasi rencana surve seismik eksplorasi migas akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, tepatnya bulan Desember di lokasi wilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi, setelah kegiatan sosialisasi.