MADINA - Jalan Lingkungan I Banjar Kobun, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sudah rusak. Padahal jalan perkampungan warga itu baru dua bulan diperbaiki.

Parahnya lagi jalan tersebut merupakan salah satu akses menuju ke tempat pemakaman umum warga.

Dari pantauan di lokasi, Jumat (10/11/2023). Jalan yang baru saja dikerjakan itu sudah terlihat serakan pasir dan krikil kecil diatas pada lantai badan jalan itu. Dan disejumlah titik jalan terlihat itu sudah berlobang-lobang.

"Ini sudah tidak ia lagi ini padahal baru sekira dua bulan lalu diperbaiki. Dan Pamborongnya sudah parah kali ini bang mungkin dia mau ambil untung besar dari perbaikan jalan ini sehingga pasir pasir diatas jalan ini sudah berserakan," ucap salah seorang warga ketika ditanyai perihal kondisi jalan tersebut.

Warga itu juga mengaku  merasa bangga atas perbaikan insfrastruktur di daerah. Namun dengan melihat pekerjaan asal jadi dan diduga tidak sesuai beaten. Maka ia merasa kecewa.

"Siapa sih yang tidak senang kalau ada pembangunan ditempat tinngalnya. Dan kalau seperti ini kondisi bangunannya saya kecewalah. Dan dimana juga pengawasan dinas terkait agar bangunan ini bisa tahan lama, " pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Panyabungan II Aziz Nasution mengaku terkait perbaikan Jalan di Lingkungan I tidak mengetahui sebelumnya.  Karena sebelumnya baik dari instansi terkait atau pihak pekerja tidak ada melakukan koordinasi.

"Iya benar kalau Lingkungan I Kelurahan Panyabungan II itu daerahnya Banjar Kobun yang juga salah satu akses jalan ke TPU. Dan soal pekerjaan jalan itu saya tidak tahu karena tidak ada koordinasi dengan kelurahan," kata Lurah Panyabungan II.

Dari informasi yang dihimpun melalui situs LPSE Madina, perkerjaan atau perbaikan jalan lingkungan I, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan berasa dari satuan kerja Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kabupaten Madina.

Dan perbaikan jalan itu bersumber dari APBD Kabupaten Madina tahun anggaran 2023. Dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp 132.555.000, pengadaan langsung dan dimenangkan satu peserta yaitu Naramon Fajri beralamat JL. Tirtosari Nomor 53 Medan, Sumut.

"Ia memang benar (pekerjaan jalan di lingkungan I) itu. Emangnya kenapa rupanya, kalau tidak salah bulan 8 kemarin dimulai perkerjaanya," kata Wiwin Ardiansyah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) perbaikan jalan tersebut melalui WA.

Kemudian saat dimintai tanggapannya perihal kondisi jalan yang baru saja diperbaiki tersebut. Wiwin yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang di Dinas Perkim Kabupaten Madina mengatakan pihaknya akan manghubungi Kontraktornya untuk melakukan perbaikan.

"Oke baiklah, biar dikontak abang rekanannya agar diperbaiki. Karena perkejaaan jalan itu masih ada masa pemeliharaannya," ucapnya.