LABUHANBATU - Aliansi Persatuan Pemuda Simpang HSJ menggelar orasi dan penyetopan armada angkutan yang over tonase, Jumat (10/11/2023). Aksi ini dilakukan meminta kepada perusahaan dan armada yang melintns di jalan kabupaten agar tidak over tonase sesuai yang diatur undang-undang.

Untuk itu, mereka juga meminta donas terkait agar segera memberi teguran dan sanksi kepada armada yang melebih tonase yang melintasi jalan kabupaten.

"Meminta kepada DPRD Labuhanbatu segera panggil dan periksa terkait armada perusahaan yang melintas di jalan kabupaten dengan kapasitas yang berlebihan," ungkap Korlap 1, Rimba Sianturi di dampingi Korlap 2, Tobinson Tambunan dalam pernyataan sikapnya.

Kapolsek bersama Danramil, Kepala Desa Sei Tampang, Ketua BPD Sei Tampang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama perwakilan dari kecamatan, humas dan meneger turut hadir menggelar rapat persoalan ini.

Dari rapat tersebut PT. HSJ melakukan mediasi dengan Persatuan Pemuda Simpang HSJ di Ruang Rapat PT. HSJ. Dengan beberapa tuntutan yang disampaikan masyarakat akibat dampak dari kendaran yang melintas melewati pemukiman masyarakat.

Hasil kesepakatan dari musyawarah itu yakni pemberian cek kesehatan gratis akibat dari debu yang dihirup oleh masyarakat simpang HSJ yang sebelumnya dilakukan sekali setahun oleh PT. HSJ. Masyarakat memohon agar cek kesehatan gratis ditambah menjadi per semester (2x setahun). Dalam hal ini pihak PT. HSJ akan meminta persetujuan terlebih dahulu dari pihak management Asian Agri. Dan sesegara mungkin menyampaikan hasil dari keputusan management ke Kepala Desa.

Kemudian masyarakat memohon agar pemberian CSR dilakukan setiap tahun. Dalam hal ini pihak PT. HSJ akan meminta persetujuan terlebih dahulu kepada pihak management. Dari hasil kesepakatan, pemberian CSR nantinya dilakukan dengan memperhatikan kepentingan umum dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Rumah retak-retak akibat dari getaran dari tanki/truk perusahaan yang over kapasitas, masyarakat memohon diberikan bantuan terhadap masyarakat yang terkena dampak. Dalam hal ini pihak perusahaan akan mensurvei langsung pada Sabtu 11 November 2023 ke rumah masyarakat yang terkena dampak getaran truk/tangki, dan memberikan bantuan dengan mempertimbangkan tingkat kerusakan yang dialami.

Masyarakat juga memohon agar perusahaan memfasilitasi tenaga kerja simpang HSJ menjadi karyawan PT. HSJ. Dalam hal ini perusahaan dapat memfasilitasi dengan catatan sesuai kebutuhan perusahaan. Dan kedepannya apabila ada penerimaan karyawan perusahaan akan memberikan selebaran kepada Kepala Desa Sei Tampang

Masyarakat juga meminta agar diikutsertakan dalam proses penyiraman jalan, dengan proposal yang telah mereka berikan, dalam hal perusahaan akan mempelajari terlebih dahulu isi dari proposal tersebut.

Musyawarah ini dihadiri oleh perwakilan Camat Bilah Hilir, Kapolsek Bilah Hilir, Danramil09 Negri lama, Ketua BPD, Kades Sei Tampang dan Management PT. HSJ.