PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Diari Astetika, S.I.K, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78, di halaman Kantor Bupati Palas, Jumat (10/11/2023). Upacara tersebut diikuti seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Palas, Pimpinan OPD, ASN, Anggota Pramuka dan pelajar SD.

Kapolres AKBP Diari Astetika, S.I.K membaca pidato tertulis Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, momen peringatan hari Pahlawan ini untuk direnungkan dalam mengenang, menghormati dan meneladani jasa-jasa perjuangan para pahlawan bangsa yang telah gugur akibat membela dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Dikatakan, sesuai tema yang diusung diperingatan Hari Pahlawan "Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan", Menteri Sosial RI, lanjut Kapolres juga mengajak, generasi penerus bangsa untuk memaknai tema tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanan dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok atau diri sendiri," ucap Kapolres mengutip pidato Menteri Sosial RI.

Di kesempatan itu, Kapolres mengingatkan, para pahlawan telah mengajarkan kepada kita semua bahwa kita bukan bangsa yang pecundang, tetapi kita tidak pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah.

"Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan dihadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora dengan hanya berbekal bambu runcin," imbuhnya.

Semangat untuk brantas kebodohan dan perangi kemiskinan, katanya, dapat dilihat dan dirasakan denyutnya diseluruh pelosok negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945, telah menbawa kita menolak kalah dan menyerah kepada keadaan.

Ditambahkan, para pahlawan yang telah gugur mempunyai cita-cita, yang mana dulunya untuk mempertahankan kemerdekaan ini.

Namun saat ini, sambungnya, sebagai generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan mereka dengan melaksanakan pembangunan-pembangunan supaya apa yang dicita-citakan akan tercapai.

"Mari kita bersama membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang menjadi indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju,makin sejahtera," tutup mengakhiri sembari mengajak, seluruh peserta upacara peringatan Hari Pahlawan untuk memanjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur.

Setelah pelaksanaan upacara ini dirangkai dengan pemberian tali asih kepada warakauri dan dilanjutkan pemberian tali asih kepada pemenang STQH ke 18 tingkat Provinsi Sumut 2023, Ali Sohot Siregar, juara I, Tafsir Bahasa Arab Putra, Mhd Akhiruddin Nasution, juara I Hadist 500 putra dan Linni Marito Simanjuntak, juara I hadist 500 putri.

Meilda Nazwa Hasibuan,juara I Hadist putri, Mikrohani Siregar, juara 2 Tafsir Bahasa Arab putri, Imam Habibi Simamora, juara Hadist 100 putra, Taufiqurrahman Harahap, juara 3 Tahfidz 10 Juz putra, Nayla Sifah Siregar, Harapan I Tahfidz 30 Juz putri dan Hamdiyah Alifiah Marsya Harahap, Harapan 3, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah putri.

Dikesempatan itu juga, diberikan tali asih pemenang STQH Nasional ke 27 Tahun 2023 di Provinsi Jambi atas nama Mhd Akhiruddin Nasution, juara 2 Hadits 500 putra, Linni Marito Simanjuntak, juara 3 Hadist 500 putri dan Meilda Nazwa Hasibuan, juara 3 Hadits 100 putri dan pelatih STQH atas nama Daulat M.Amin Daulay,MA.

Penyerahan tali asih diserahkan, Kapolres, AKBP Diari Astetika didampingi bersama Sekda Arpan Nasution, Kepala PN Sibuhuan, Lulik Djatikumoro, SH, Kepala PA Sibuhuan, Bainar Ritonga, MA dan Forkopimda.

Usai memberikan tali asih, Sekda Arpan Nasution, S.Sos mengatakan, momentum Hari Pahlawan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus, di mana semangat juang, semangat kebangsaan para Pahlawan akan selalu terpateri di setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan sepanjang masa.

"Kita memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik-baiknya supaya masyarakat dapat melakukan kegiatan mereka sehari-hari dan tidak ada kendala, apa yang dicita-citakan pemerintah yaitu dapat bangkit dari perekonomian dan bisa berjalan," pungkasnya.