PALAS - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas (Palas) terus mendorong siswinya untuk mengasah bakat dan minat kreativitas. Penyaluran bakat dan minat tersebut, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler (Eskul). Di antara Eskul yang paling banyak diminati siswi adalah tari.

Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahyarni Junida Nasution, S.Pr, MA, Jumat (10/11/2023) mengatakan, kegiatan ekstrakurikuler tari ini dibimbing guru pembimbingnya,S oraya Amani, S.Pd guna meningkatkan rasa percaya diri ke siswi.

"Kegiatan ekskul merdeka belajar ini dilakukan pihak madrasah untuk siswa sebagai bentuk mengali potensi bakat dan minat siswa untuk pengembangan bakat," katanya.

Dikatakan, ada banyak pilihan dalam kegiatan ekskul yang disediakan madrasah untuk penyaluran minat dan bakat yang disenangi siswi dan siswa.

Kata Mahyarni, pertemuan ekskul menari dilaksanakan dua kali dalam satu minggu. Ekskul ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri dan bakat siswa.

"Peserta didik yang usianya masih muda, jadi sangat penting untuk diajari, agar kelak mereka bisa tampil dengan percaya diri didepan umum," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan mengikuti kegiatan ekskul menari, seorang siswi belajar berekspresi lewat tariannya dan hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas serta kepercayaan diri baik dalam pergaulan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

"Kemampuan fisik dan berolah gerak yang diperoleh dari belajar menari membuat siswi merasa percaya diri, sehingga berdampak baik untuk menjadi motivasi untuk selalu belajar," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan belajar menari siswa juga memperoleh manfaat kesehatan fisik dan psikis, merangsang sel-sel memori otot, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kekuatan mental serta baik untuk kebugaran tubuh.

Menurutnya, tarian daerah merupakan kesenian yang harus dikembangkan dan dipertahankan agar tidak punah oleh tarian-tarian modern yang bermunculan, karena selama ini tidak semua siswa bisa menghargai kesenian tradisi.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ekskul menari bagi siswi lebih menghargai budaya lokal dan menambah rasa percaya diri siswi di dalam pergaulan serta terbangun kebersamaan dan kekompakkan,” harapnya.

Dimomen peringatan Hari Pahlawan ke 78,sebelum upacara berlangsung, para siswi tampil menunjukan kegiatan ekstrakurikuler tari sebagai bentuk meningkatkan rasa percaya diri.