PALAS - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Pelayanan Kesehatan bergerak Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Kabupaten Padanglawas (Palas). Layanan pengobatan gratis, khitanan massal serta operasi bibir sumbing ini digelar di Puskesmas Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Senin (30/10/2023).
 
Pelaksanaan layanan kesehatan gratis Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumut ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas (Palas).
 
Kegiatan baksos ini melibatkan dokter-dokter spesialis dari Tim BKB Sumut yang dipimpin Ketua Timnya Brigjen TNI Pur.Harry Yusmanadi. 
 
Saat melakukan peninjauan di Puskesmas Pasar Latong, Plt Bupati Padanglawas, mengapresiasi layanan pengobatan gratis dari tim BKB Pemprovsu.
 
Hal ini menandakan sinergitas Pemprovsu dengan Pemkab Palas berjalan dengan baik, dan pemerintah tetap komit dalam menjaga kesehatan masyarakat.
 
"Kami sangat apresiasi kepada seluruh tenaga medis yang terlibat memberi pelayanan dalam pengobatan gratis,” ujar Plt Bupati Palas.
 
Untuk itu, Plt Bupati mengajak, masyarakat agar memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.
 
Kepada Tim BKB Pemprovsu, melalui kegiatan ini Plt Bupati berharap, kegiatan serupa berjalan terus dan dapat berlanjut ke tahun-tahun mendatang menuju kepedulian kesehatan masyarakat.
 
Ia juga meminta, kepada BKB Sumut, agar dalam layanan selanjutnya dapat menyertakan layanan operasi katarak gratis di Kabupaten Palas yang menjadi harapan masyarakat.
 
Atas nama Pemerintah dan masyarakat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Gubernur Sumut. 
 
Pihaknya berharap program bakti sosial ini terus hadir agar masyarakat yang menbutuhkan merasakan manfaatnya.
 
Sebelumnya, Brigjen TNI (Purn) dr. Harry Yusmanadi didampingi Sekretaris, Suwandi Simanjuntak,SKM,M.Kes menyampaikan, layanan kesehatan bergerak ini adalah inovasi pelayanan pemerintah Provinsi Sumut.
 
Dengan adanya kegiatan bakti kesehatan ini katanya, cukup membantu mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya daerah-daerah terpencil, dengan mutu dan kualitas standar layanan kesehatan.
 
"Semua layanan yang kita laksanakan bersama Bakti Kesehatan Sumut Bermartabat ini adalah gratis, sesuai arahan dari PJ Gubernur Sumut, bahwa ini murni untuk masyarakat Sumut,” katanya.
 
Harry juga berharap, kritik dan masukan yang membangun dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.
 
“Hari ini kita hadirkan 8 dokter spesialis, dibantu oleh tenaga medis dan tenaga perawat dan apoteker pendukung lainnya untuk memberikan pelayanan maksimal. Semoga apa yang kami laksanakan, kiranya bermanfaat bagi masyarakat”, terangnya.
 
Dikatakan, tim BKB Sumut juga mengerahkan mobil layanan kesehatan yang dirancang untuk melakukan berbagai tindakan operasi langsung ditempat.
 
"Kegiatan bakti kesehatan bermartabat provinsi Sumut,telah mengunjungi 33 Kabupaten/Kota se Sumut untuk layanan kesehatan gratis ke maayarakat," ujar Brijen TNI(Purn) dr.Harry Yusmanadi.
 
Kata dia, sampai akhir Desember 2023, tim BKB Sumut keliling kunjungi kabupaten/kota sampai ke Nias.
 
"Hari ini, tim dokter yang diturun dokter spesialis penyakit dalam 2 orang, anastensi 1 orang, bedah umum 2 orang ,bedah plastik 1 orang, dokter umum 2 orang dan selebih perawat sama apoteker," imbuhnya.
 
Lebih lanjut, ia menambahkan, jumlah pasien untuk sunat massal 120 orang, operasi bibir sumbing 8 orang, pemeriksaan gula darah, asam urat, kolestrol sebanyak 60 orang.
 
"Dari 18 Kabupaten/Kota se Sumut yang dilakukan kunjungan kedua kalinya untuk pelayanan pengobatan gratis termasuk Kabupaten Palas," tambahnya.
 
Ia berharap target pelayanan bisa memberi pelayanan prima untuk lebih mengenal masyarakat yang menbutuhkan.
 
"Kami datang ke daerah menjalin kolaborasi kerjasama dengan baik dengan pemerintah daerah, segala biaya pengobatan gratis ditanggung APBD Pemerintah Provinsi Sumut yang juga didukung oleh Pemda setempat," ujarnya.
 
Program kedepan ditahun 2024, akan ada kegiatan operasi katarak, pemeriksaan rontegen dan Poliknik berjalan, tutupnya.