PALAS - BRI Kantor Cabang Sibuhuan menggelar peringatan upacara Hari Sumpah Pemuda ke 95, di halaman kanca BRI Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Senin (30/10/2023). Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah salah satu bukti sejarah bangsa Indonesia. Dimana para pemuda pemudi bangsa Indonesia terdahulu telah melakukan ikrar kesatuan yang datang dari beberapa suku yang ada di Indonesia.
 
Sumpah Pemuda cukup bermakna bagi rakyat Indonesia, sehingga setiap tahunnya hari Sumpah Pemuda selalu diperingati. 
 
Hal tersebut merupakan suatu bentuk komitmen agar bangsa Indonesia tidak dapat terpecah bela. Walaupun bangsa Indonesia banyak ragam berbagai suku, budaya dan agama tetapi memiliki tujuan yang sama.
 
Terkait Hari Sumpah Pemuda, BRI Kanca Sibuhuan juga turut memperingatinya dan melakukan upacara yang dipimpin langsung oleh pimpinan Cabang, Agung Waluyo bertindak sebagai inspektur upacara. 
 
Kegiatan upacara tersebut dilakukan tersebut dengan mengambil tema "Bersama Kita Memajukan Bangsa".
 
"Selaku pembina upacara Pimca BRI Sibuhuan, Agung Waluyo mengimbau, kepada seluruh karyawan agar turut andil untuk memajukan bangsa. Sesuai dengan tema yang kita usung," harapnya.
 
"Jadikan momentum Hari Sumpah Pemuda untuk meningkatkan semangat kerja dalam meningkatkan prestasi gemilang yang memberi kontribusi bermanfaat bagi BRI kedepan," katanya.
 
Lanjut Agung, momentum ini juga mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.Sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 lalu.
 
Visi kebangsaan itu, katanya, melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
 
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama
Majukan Indonesia” memiliki makna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna - warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. heterogenitas tersebut sebagaisumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.
 
Menurutnya, partisipasi pemuda-
pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan
masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi
lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.
 
Di sisi lain, sambungnya, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antargenerasi. 
 
Demikian juga halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis
yang dikontestasi,sehingga kita perlu bertanya apakah artificial intelligence telah digunakan optimal secara masif mengimbangi percepatan dan perubahan.
 
"Pada intinya, penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi," tambahnya.
 
Oleh karena itu, ia mengajak, semua karyawan BRI jadikan momen Hari Sumpah Pemuda ini, untuk canangkan kebulatan tekad membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.