PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu,C.Ht,MM,M.Si,MH, menghadiri lauching Kampung Moderasi Beragama untuk dua desa yang dilaksanakan Kemenag Kabupaten Palas. Dua desa yang menjadi kampung moderasi beragama tersebut yaitu Desa Paran Julu, Kecamatan Aek Nabara Barumun dan Desa Ujung Batu IV, Kecamatan Hutaraja Tinggi. di Kantor Kementrian Agama Palas.

Plt Bupati Palas, Kamis (26/10/2023) menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya launching Kampung Moderasi Beragama di dua desa tersebut.

Launching kampung moderasi beragama ini katanya, dapat mengembangkan pola pikir untuk saling memahami nilai-nilai moderasi beragama berdasarkan pilar pemahaman komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan menghargai kearifan lokal.

Kata Plt Bupati, program Kampung Moderasi Beragama merupakan program dari Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau kelurahan dengan sifat toleransi untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat.

Dengan tujuan memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dalam keragaman, dan sikap beragama yang moderat, katanya.

"Program ini sangat luar biasa yang digagas oleh Kementerian Agama untuk mempromosikan harmoni dan toleransi keagamaan yang menunjukkan nilai-nilai saling menghormati, memahami, dan bekerjasama diantara kelompok agama yang beragama," tambahnya.

Menurut Plt Bupati, konsep moderasi beragama mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan ajaran agamanya masing-masing dengan baik dan benar serta tetap memberikan ruang bagi yang lain untuk menjalankan ajaran agamanya dengan baik dan benar.

Ia berharap, kampung moderasi beragama ini bisa menjadi roll model bagi desa atau masyarakat, khususnya di Kabupaten Palas sehungga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga harmonisasi kehidupan sosial ditengah masyarakat.

Launching Kampung Moderasi Beragama ditandai dengan penyerahan SK Desa Binaan Kampung Moderasi Beragama oleh Plt Bupati Palas kepada masing-masing Kepala Desa didampingi Kakan Kemenag Palas,H.Abdul Manan,MA.