PALAS- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Branch Office (BO) Sibuhuan menyalurkan sekitar 
220 bibit tanaman produktif untuk ditanam guna menghijaukan lingkungan di dua lokasi Desa BRILian yaitu Desa Tanjung Botung Sosa Jae, Kecamatan Sosa dan Trans Pir III A Sosa, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas (Palas).
"Program penghijuan lingkungan mengusung tema "Hijau Lingkunganku Tumbuh Kuat Negeriku".

Pimpinan Cabang BRI Sibuhuan, Agung Waluyo mengatakan, penyaluran bibit yang ditanam di antaranya durian, alpukat, mangga dan jeruk manis yang jumlahnya sebanyak 220 bibit tanaman produktif, Kamis (26/10/2023).

Dijelaskan, PT BRI (Persero) Tbk Cabang Sibuhuan secara berkelanjutan berupaya konsisten merealisasikan prinsip Environmental (lingkungan), social (sosial), kali ini penguatan aspek lingkungan dan sosial dilakukan melalui “ Program BRI Menanam”.

Kata Agung, program menanam BRI Branch Office (BO) Sibuhuan secara simbolis dengan penandatanganan piagam komitmen merawat dalam program BRI menanam di dua desa tersebut.

BRI menanam merupakan upaya dalam melaksanakan salah satu inisiatif ESG yaitu program absorbs emisi karbon di aspemik lingkungan dan pengembangan komunitas pada aspek social.

“Program BRI menanam merupakan wujud nyata dan upaya berkelanjutan BRI merealisasikan prinsip ESG serta sebagai penggerak ekonomi lokal, wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat dengan menerapkan aspek-aspek ekonomi sosial dan lingkungan,” ujarnya.

Implementasi BRI Menanam di Desa BRILian (Desa Binaan BRI) dilakukan dengan berkolaborasi melibatkan perangkat desa, figur inspiratif lokal, kluster usaha, Agen Umi (Ultra Mikro), termasuk dalam hal monitoring dan keberlanjutan kegiatan BRI Menanam pada fase selanjutnya.

Menurut dia, program BRI Menanam merupakan inisiatif BRI untuk berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik, diharapkan hasil produktif dari tanaman ini bisa dirasakan masyarakat setempat.
 
"Kita berharap dengan pemberian bibit dan menanam bisa membantu lingkungan sekitar agar lebih asri,nyaman dan tentunya membantu ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agung menambahkan dengan adanya pembagian bibit ini diharapkan meningkatkan oksigen untuk keseimbang alam.

Selanjutnya, ia berharap bapak Kepala Desa dan perangkat dan masyarakat desa Brilian yang kami bina bisa meningkatkan taraf hidupnya, dan meningkatkan transaksi menabung di BRI dan maju bersama BRI Cabang Sibuhuan.

Kepala Desa Ujung Batu III A,Kecamatan Hutaraja Tinggi, Indra Sigit Prasetya,ST  mengapresiasi kegiatan BRI Menanam, dan Program Desa BRILian ini.

“Harapan kami untuk stakeholder, pemerintah desa dan BRI akan terus mendukung kemajuan Desa Ujung Batu III A,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan, Kepala Desa Tanjung Botung Sosa Jae, Kecamatan Sosa, Asran Nasution.

Menurutnya, dengan program BRI menanam sangat membantu kelestarian lingkungan hidup di desanya. L

"Bibit tanaman produktif yang diberikan akan kami rawat dan pastinya akan berbuah beberapa tahun kedepan," ujarnya.

Ia berharap, bibit tanaman produktif yang ditanam ini nantinya menghasilkan buah yang manis di Desa Brilian binaan BRI Cabang Sibuhuan.