LABUHANBATU - Pada hari yang penuh makna, Kabupaten Labuhanbatu merayakan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023. Upacara berlangsung di Lapangan Ika Bina, Jalan MH. Tamrin, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu. Minggu (22/10/2023). Kegiatan tersebut mempertemukan berbagai kalangan, mulai dari Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, Guru Madrasah, hingga Siswa-siswi Madrasah dan Para Santri Santriwati dari Pondok Pesantren se-Kabupaten Labuhanbatu.

Kemeriahan upacara ini turut diwarnai oleh kehadiran para Forkopimda Labuhanbatu seperti Bupati Labuhanbatu Dr. H. ERIK ADTRADA RITONGA (bertindak selaku Pembina Upacara), Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. MEYKA RIYANTI SIREGAR, SH., Dandim 0209/LB yang diwakili oleh Kasdim 0209/LB Mayor Inf HENDRA GUNAWAN, serta Kapolres Labuhanbatu yang diwakili oleh Kabag Ren Polres Labuhanbatu KOMPOL HAIRUN EDI SIDAURUK, SH., MH.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Wakil Bupati Labuhanbatu, Hj. ELLYA ROSA SIREGAR, S.Pd. MM, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu, ABDUL KARIM HASIBUAN, SH., MH, Kepala Kemenag ASBUN PASARIBU, S.Ag, Ketua MUI H. Abdul Hamid Zaid, serta sejumlah kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu Utara dan tokoh agama dari seluruh Kabupaten Labuhanbatu.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 dimulai dengan upacara resmi pada pukul 09.00 WIB, diikuti oleh penampilan Marching Band oleh Pesantren Darus Solihin. Selanjutnya, terdapat pembacaan Lucky Draw yang menambah semangat perayaan, diikuti dengan pelaksanaan pawai yang meriah.

Hari ini juga menjadi momen penyerahan trofi dan piagam bagi pemenang perlombaan yang telah digelar dalam rangka peringatan ini.

"Semua kegiatan ini memberikan wadah untuk merayakan peran penting santri dalam pendidikan agama, serta untuk mempererat solidaritas antar berbagai elemen masyarakat dalam Kabupaten Labuhanbatu. Dengan semangat dan tekad bersama, mereka memajukan pendidikan agama dan mendorong kemajuan yang berkelanjutan dalam masyarakat," sebut Bupati.