MADINA - Seratusan siswa sekolah menengah atas negeri satu (SMAN-1) Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang tergabung dalam anggota Pramuka bersama-sama turun ke sejumlah titik tempat Kecamatan Panyabungan untuk membersihkan sampah yang menumpuk, Jumat (20/10/2023).


Titik target bersih-bersih sampah para siswa itu termasuk di Kelurahan Kayujati, Pasar Lama Panyabungan, Sungai Aek Mata Panyabungan dan lingkungan masjid.

"Kegiatan ini adalah Jumat Bersih yang berkaloborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Koramil Panyabungan berserta warga. Kegiatan ini berguna untuk membersihkan lingkungan masyarakat ke sejumlah titik Kota Panyabungan," kata Ketua Pramuka SMAN-I Panyabungan, Raja.

Raja menyebut kegiatan Jumat bersih -bersih yang mereka galakkan tersebut dapat diterima masyarakat.

"Harapan kami dari SMAN-I Panyabungan terutama Pramkuka kedepannya setelah kami membersihkan kami harap sebesar besarnya kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena sampah itu sangatlah buruk bagi lingkungan masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala SMAN-I Panyabungan, Muhammad Nuh Nasution menyampaikan apresiasi kepada siswa yang tulus melaksanakan kegiatan bersih-berisih ini.

"Karena bagaimana pun ini bahagian pendididikan dalam rangka propil pelajar Pancasila. Dan insyaallah kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh regenerasi dari adek-adek Pramuka nantinya, " katanya.

Lebih lanjut Kepala Sekolah menyampaikan kegiatan Jumat bersih-berisih sampah ini merupakan atas inisiatif oleh anak-anak Pramuka itu sendiri.

"Untuk itu kepada semua pihak baik dari TNI, Dinas Lingkungan Hidup berserta warga yang turut bersama sama kami samapaikan terimaksih, " ucapnya.