PADANGSIDIMPUAN - Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024, seluruh Stake Holder kota Padangsidimpuan mengelar kegiatan rapat koodinasi lintas sektoral di Aula Kantor Wali Kota Padangsidimpuan, Jalan Jend. Sudirman,  Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Jum'at (13/10/2023). Dalam rapat tersebut, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan, SH. S.I.K., M.H memaparkan tentang kesiapan Personel Polri dalam Pengamanan Tahapan Pemilu 2023-2024.

Sementara dalam rapat itu, Dandim 0212/TS yang diwakili Pasi Ops Kapten Inf Soleh Hasibuan menyampaikan bahwa TNI khususnya Kodim 0212/TS siap membantu pihak Kepolisian dalam rangka pengamanan Pemilu 2023-2024.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan menyampaikan bahwa DPDR Kota Padangsidimpuan siap membantu penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sementara dalam rapat tersebut Wali Kota Padangsidimpuan yang diwakili Plt Sekda Kota Padangsidimpuan Rahuddin Harahap mengatakan proses Pemilu sudah menjadi Program Nasional dalam rangka pemilihan Capres/Cawapres- DPR RI-DPRD Provinsi -DPRD Kab/Kota dan DPD.

"Dan pelaksanaan Pemilu ini harus benar-benar tersosialisasikan kepada masyarakat, karena tingkat pengetahuan masyarakat berbeda-beda dari aspek SDM sehingga perlu dilakukan Sosialisasi dan Edukasi terkait Regulasi Pemilu 2024," ujar Rahuddin Harahap.

Ditempat yang sama Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Tagor Dumora mengucapkan terimakasih atas inisiasi Kapolres Padangsidimpuan yang melaksanakan Kegiatan Rapat koordinasi ini sebagai kesiapan kita menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2023-2024.

"Dari hasil verifikasi Calon sementara DCS DPRD di Kota Padangsidimpuan sebanyak 329 Orang," katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Padangsidimpuan Ratno Afandi mengatakan bahwa kami Bawaslu sesuai peran dan fungsinya adalah melakukan pengawasan, pencegahan dan penindakan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Memaparkan Regulasi dan pelanggaran Pemilu, demikian juga Pengawasan Netralitas Pegawai Negeri dan TNI/POLRI," sebutnya.

Pada giat rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut, turut hadir Danyon 123/RJ yang diwakili Wadanyon, Danyon Brimob yang diwakili Wadan Brimob AKP M. Darwin, Ketua PN. Padangsidimpuan atau yang mewakili, Kejari Padangsidimpuan yang diwakili JPU Juana SH, Danramil 02/ Kapten INF Mariyanto, Para Kadis terkait, Para Camat Kota Padangsidimpuan, Anggota PPK dari Enam Kecamatan dan Para Kasatgas- Ops Mantap Brata Polres Padangsidimpuan.***