INHU -  Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, SE menerima pinangan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk dianugerahkan gelar kehormatan adat, Kamis (12/10/2023) malam. Kedatangan LAMR Indragiri Hulu di kediaman Bupati Inhu ini, menyampaikan hajat dengan membawa tepak sirih sebagai lambang kebesaran dan kehormatan orang Melayu untuk meminta izin dalam hal meminang secara adat.

Utusan majelis rapat adat LAMR yang diwakili timbalan Datuk H.Raja Marwan Indra Saputra, S.E.,M.Si memberikan gelar adat kehormatan Datin Seri Setia Amanah masyarakat adat melayu Kabupaten Inhu kepada Rezita Meylani Yopi, SE.

Prosesi peminangan berlangsung dengan khidmat. Selanjutnya proses penabalan akan digelar sabtu 14 Oktober 2023 di Balai adat Rumah Tinggi Rengat.

Dalam sambutannya Bupati Inhu mengucapkan terima kasih atas gelar yang diberikan LAMR Inhu.


"Semoga acara penabalan besok bisa berjalan dengan lancar, dan saya berharap gelar yang diberikan kepada saya ini tidak hanya sekedar gelar, semoga nantinya harapan masyarakat adat Indragiri Hulu itu benar-benar bisa saya jalankan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.


Ia menyebutkan tahun depan Kabupaten Inhu akan memperingati hari jadi Kabupaten Indragiri. Tentunya ini menjadi awal mula kebangkitan Melayu di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Semoga saya benar-benar bisa menjadi payung bagi masyarakat adat Melayu Kabupaten Indragiri Hulu, dan mari bersama-sama kita kembalikan Marwah Melayu di Kabupaten Indragiri Hulu dan kita besarkan melayu di Kabupaten Indragiri Hulu ini," sebutnya.