LANGKAT -  Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH mendukung penyelenggaraan Event Bukit Lawang Orang Utan Trail (BLOT) 2024. Hal ini terungkapkan saat Plt Bupati Langkat saat menerima audensi CEO Arras Adventure Jakarta, Julita M.Saragih didampingi Event Director, Tense Manalu, Rabu (11/10/2023).

Julita menyebutkan kegiatan ini adalah perhelatan wisata olahraga berskala internasional yang ketiga. Rencananya akan digelar pada 10-12 Mei 2024 di area desa wisata Bukit Lawang di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Kabupaten Langkat Sumatera Utara. 

"Target peserta minimal 700 peserta untuk mencetak pelari dari Indonesia dan khususnya Sumatera Utara meraih prestasi kembali di BLOT 2024," ujarnya. 

Sehingga lanjutnya, ini dapat berpeluang untuk mengikuti kejuaraan lari trail di negara lain seri Asia trail master championship 2024 yang di ikuti peserta dari 15 negara.

Nantinya sambung Julita, acara yang digelar; lomba lari trail 7 Km, 25 Km, 50 Km, pertunjukan seni budaya Sumatera Utara, khususnya tiga etnis di kabupaten langkat yaitu Jawa, Melayu dan Karo. Kemudian pameran UMKM dari masyarakat Langkat dan Sumut dan konservasi orang utan.

"Lewat event Bukit Lawang Orang Utan Trail, kami akan menjelajahi kawasan lainnya yang dijadikan lintasan lari dan memiliki keindahan alam dan kearifan lokal setempat yang menjadi pelengkap kegiatan sport Tourism ini," sebutnya dan memohon dukungan dan kerjasama pemerintah Kabupaten Langkat sehingga terlaksananya kegiatan ini dengan lancar.

Menyikapi hal tersebut Plt Bupati Langkat menyambut baik dan mendukung kegiatan yang akan mempromosikan wisata Bukit Lawang.

Ia juga berharap masyarakat ikut berperan sebagai kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Karena juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat Langkat melalui UMKM yang nantinya juga di gelar sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat Sumatera Utara khususnya kabupaten Langkat.