PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu, meminta kepada stakeholers dan pemangku kepentingan serta masyarakat untuk mendukung pengeboran sumur migas SET 01 PT Energi Mega Persada (EMP) Tonga, Ltd.


Para Camat dan Kepala Desa di wilayah Eks Barumun Tengah agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kepolisian dan unsur TNI jika mendengar isu-isu yang tidak baik dan diselesaikan secara musyawarah dengan masyarakat.

Hal itu disampaikan, Plt Bupati di kegiatan syukuran tajak (Spud in) pengeboran sumut minyak SET 01 PT EMP Tonga di Desa Padang Garugur Jae, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Rabu (11/10/2023).

“Mari dukung pengeboran migas ini berhasil. Jangan menjadi provokator, penghalang atau penghambat. Karena pihak EMP Tonga mengatakan bahwa mereka kembali akan melakukan pengeboran sumur minyak di lokasi lainnya jika pengeboran di Sumur SET 01 ini sukses. Jika ini terjadi, maka Kabupaten Palas nantinya bisa mandiri secara ekonomi,” katanya.

Plt Bupati Ahmad Zarnawi Pasaribu juga mencontohkan, Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur serta Kabupaten Kampar dan Bengkalis di Provinsi Riau,yang mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang besar sebagai penopang perekomian daerah.

Bahkan, lanjut Plt Bupati, sejumlah daerah ada yang tidak lagi mengharapkan dana APBD dari pemerintah pusat karena mereka telah mandiri dari sisi pendapatan daerah.

Plt Bupati juga meminta, kepada PT SRL dan PT SSL turut mendukung kegiatan industri hulu migas, karena beberapa titik sumur terletak di kawasan perusahaan HTI tersebut.

“Jika ada masalah agar segera dimusyawarahkan dan diselesaikan dengan kepala dingin,” ujar Plt Bupati.

Hal senada juga disampaikan, Kapolres Padanglawas, AKBP Diari Astetika, S.I.K.

Dikatakan, EMP Tonga merupakan kontraktor pemerintah dan masuk objek vital nasional. Karena itu sudah menjadi kewajiban kepolisian untuk mengamankan kegiatan hulu migas yang menjadi tulang punggung perekenomian nasional.

Kapolres juga memberikan apresiasi, program CSR EMP Tonga di mana perusahaan bekerja sama dengan Polres Palas membangun fasilitas air bersih di Pondok Pesantren Dinul Khoiriah, Desa Aek Buaton, Kecamatan Aek Nabara Barumun, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, General Manager PT EMP Tonga, Nita Apriyani mengatakan, pengeboran sumur eksplorasi SET 01 yang dilaksanakan oleh mitra kerja perusahaan, PT Asia Petrocom Services (APS), merupakan ikhtiar yang dilakukan untuk memenuhi target produksi minyak 1 juta barrel dan gas 12 BSCFD pada tahun 2030 yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pengeboran dilakukan setelah sejak 2019 lalu produksi EMP Tonga dihentikan sementara dengan alasan teknis dan operasional.

“Diiringi dengan doa dan tawakkal kepada Allah SWT, kita semua berharap agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan selamat, serta memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Insyaallah jika pengeboran ini berjalan sesuai harapan, EMP Tonga akan kembali melakukan pengeboran di lokasi-lokasi lainnya di Kabupaten Palas,” kata Nita Apriyani.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus juga menyampaikan, bahwa saat ini produksi minyak nasional sebesar 600 ribu barrel per hari. Sementara konsumsi dalam negeri sendiri sebesar 1,5 juta barrel setiap harinya. Karena itu pengeboran sumur minyak ini sangat penting bagi ketahanan energi nasional.

SKK Migas, kata Rikky Rahmat Firdaus, memberikan apresiasi kepada EMP Tonga yang telah mengupayakan terealisasinya pengeboran sumur eksplorasi SET 01 dan tak lupa bahwa kelancaran kegiatan eksplorasi ini berkat dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat di area operasi EMP Tonga.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini tidak hanya dapat memberikan manfaat namun juga menjadi legacy bagi pertumbuhan ekonomi bangsa dan negara Indonesia di masa depan,” katanya.

Kegiatan syukuran tajak pengeboran minyak SET 01 PT EMP Tonga juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim yang berdomisili di wilayah sekitar perusahaan.

Kegitaan syukuran tajak pengeboran minyak ditandai dengan pemencetan tombol sirine secara bersama-sama oleh Plt Bupati Palas, Kapolres Palas, GM PT.EMP Tonga, SKK Migas dan Ketua MUI Palas dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi rig pengeboran.

Hadir di kegiatan tersebut, Kepala Perwakian SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, Perwakilan TNI, Ketua MUI Palas, H.Ismail Nasution, pihak PT Sumatra Riang Lestari (SRL), PT Sumatra Sylva Lestari (SLS) serta unsur Forkopimda.