TOBA- Dalam rangkaian Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani ) II  Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Kabupaten Toba, di Balige, 6-8 Oktober 2023, umat katolik menabutkan menabur benih ikan mas sebanyak 6.000 ekor ke Danau Tobaoba, tepatnya di Lumban Silintong, Balige, 
 Sabtu (7/10/2023). 
Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama panitia , Pastor Christian Lumbangaol didampingi sejumlah pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Sumut, Kabupaten/Kota menyebutkam Pesparani bukan sekadar perayaan ibadah dan nyanyian, tetapi juga pembinaan - pembinaan pengembangan yang berdampak pada masyarakat luas. 
 
"Termasuk juga dengan penaburan benih ikan ini, di dalamnya ada unsur pembinaan kepada kita semua, kepada masyarakat, kepada umat katolik dan kepada seluruh masyarakat kita secara umum," ujar Pastor Christian. 
 
Ia menambahkan, aksi penaburan bibit ikan mas ini bagian dari rangkaian pesta Pesparani Tingkat Sumatera Utara tahun 2023 ini dapat berbuah dan berdampak baik bagi seluruh masyarakat. 
 
"Dengan usaha ini kiranya berbuah limpah, itulah harapan kita yang kiranya akan membawa kita pada kebaikan bersama," ujarnya sembari menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Toba yang sangat mendukung kegiatan pesta Pesparani tahun ini. 
 
Poltak Sitorus menambahkan memelihara Danau Toba adalah tugas bersama. 
 
Ia juga mengaku sangat bersyukur atas penaburan benih ikan mas oleh umat katolik, terlebih selama ini terdapat jenis ikan red devil di danau toba yang kurang bisa dimanfaatkan masyarakat.
 
"Dengan kita menabur ikan yang asli danau toba, kita bisa lestarikan ikan endemik Danau Toba ini," ujar Bupati Toba. 
 
Poltak Sitorus juga menyampaikan terima kasih kepada umat Katolik yang telah menunjukkan aksi nyata dalam menjaga dan merawat ekosistem Danau Toba. 
 
Ia meminta semua pihak mencontoh aksi tersebut, termasuk dengan menanam pohon. 
 
"Terima kasih kepada umat katolik lewat kegiatan Pesparani melakukan aksi pemeliharaan Danau Toba. Ini kegiatan yang patut dicontoh oleh semua pihak. Datang ke Toba sambil menabur ikan, itu hal yang luar biasa," ujarnya mengakhiri.