TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si membuka resmi Turnamen tenis meja Soekarno Cup se Sumatera Utara (Sumut) memperebutkan Piala Ganjar Pranowo di Gedung Serbaguna Tarutung, Sabtu (7/10/2023). Bupati Nikson Nababan dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan Turnamen Tenis Meja Soekarno Cup Tahun 2023 Se-Sumatera Utara.
 
“Kita patut gembira atas pelaksanaan turnamen ini, karena selain sebagai tempat menyalurkan hobby, kegiatan ini tentunya dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi antar pecinta olahraga tenis meja, tidak hanya di Tapanuli Utara saja tetapi juga di Sumatera Utara,” ujarnya.
 
Didampingi Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Taput Sudirman Manurung, Ketua Panitia Turnamen Seokarno Cup Tonny Simangungsong, ia menjelaskan alasan Soekarno Cup menjadi judul dari kegiatan ini, untuk mengajak masyarakat kembali mengenang dan mengingat Bung Karno sebagai pelopor Bangsa ini yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Setelah merdeka sebutnya, Ir.Soekarni berjuang menata masa depan bangsa dengan mengajarkan, Indonesia harus menjadi tuan di negeri sendiri. 
 
"Kepada para peserta khususnya adik-adik yang pelajar mari kita jangan pernah sekalipun melupakan Sejarah, kalau mau jadi orang besar ingatlah Sejarah, Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingatbsejarah lahir dan perjuangan Bangsanya," ungkap Bupati Nikson Nababan.
 
Ia berharap kegiatan ini nantinya mampu menjadikan para atlet tenis meja untuk terus berpartisipasi, tidak hanya di tingkat lokal atau regional saja, tetapi juga ke tingkat nasional.
 
Turnamen tenis yang digelar ini, tidak hanya menjadi ajang untuk kompetisi para atlet saja, namun banyak manfaat yang dapat kita ambil dari digelarnya turnamen tenis meja pada hari ini. Salah satunya sebagai media silaturahmi antar atlet tenis meja di Sumatera Utara. 
 
"Mari kita jadikan turnamen tenis meja ini sebagai momentum pembinaan para atlet muda tenis meja kita, dan sebagai langkah strategis kita dalam mengembangkan olahraga tenis meja di Sumatera Utara, khususnya di Tapanuli Utara ini," tambah Bupati.
 
Untuk ke depan diharapkan kegiatan turnamen ini dapat di agendakan setiap tahunnya.
 
Nikson Nababan juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara serta berbagai pihak yang turut serta membantu dan mensukseskan pelaksanaan turnamen ini.
 
“Saya ucapkan Terima Kasih buat segenap panitia dan semua pihak yang mendukung terlaksananya turnamen ini dan Selamat bertanding buat para peserta. Saya harap para atlet tenis meja yang ikut dalam turnamen hari ini dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk meraih prestasi dan selalu menjaga kekompakan serta sportifitas dalam meraih prestasi,” tutup Bupati.
 
Sebelumnya Ketua Panitia Turnamen, Tonny Simangungsong menyampaikan, PTSMI menyelenggarakan Turnamen Tenis Meja Seokarno Cup Se-Sumatera Utara tahun  2023 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-78. Turnamen tersebut berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 07 dan 08 Oktober 2023.
 
Ia juga menyebutkan turnamen ini diikuti 131 peserta yang berasal dari 16 Kabupaten/Kota. Seperti Medan, Asahan, Langkat, Kisaran, Pematang Siantar, Madina, Labuhan Batu Selatan, Padang Sidempuan, Labuhan  Batu Utara, Padang Lawas, Tapanuli Tengah, Kota Madya Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai dan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai tuan rumah.
 
"Untuk kategori pertandingan yang di pertandingan di Turnamen Tenis Meja Seokarno Cup Se-Sumatera Utara tahun  2023 yakni pertandingan tunggal, ganda, eksekutif dan kadet/pelajar. 
 
Dijelaskan Tonny, untuk kategori Kadet merupakan atlet pelajar di Kabupaten Tapanuli Utara yang nantinya diharapkan menjadi generasi penerus atlet tenis meja di Tapanuli Utara. 
 
Ketua Panitia Turnamen juga menyampaikan kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dan KONI Tapanuli Utara.