TAPUT - Olah raga lomba Aarung Jeram 'Situmandi National Open Rafting Competition Piala Bupati Tapanuli Utara Tahun 2023' resmi dibuka Bupati Tapanuli Utara, Dr.Drs.Nikson Nababan,M.Si di Hasak Kelurahan Partali Toruan Kecamatan Tarutung, Jumat (6/10/2023) Dalam sambutannya Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menyampaikan, Pemkab sangat mendukung dan mengakomodir segala kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat, baik itu kegiatan komunitas maupun kelompok dan organisasi.

"Kegiatan Arung Jeram yang kita lombakan tahun 2023 ini, sudah kita lakukan dari 4 tahun yang lalu," sebutanya yang hadir didampingi Asisten II Marihot Simanjuntak, Kadispora Marco Panggabean dan beberapa pimpinan OPD.

Dalam setiap pelaksanaannya even, Pemkab Taput sebutnya tetap memberikan dukungan fasilitas untuk pagelaran kegiatan. Berbagai kebutuhan untuk kegiatan olah raga lomba arung jeram di antaranya kano dan perlengkapannya yang bagus.

"Ditahun 2023 ini Kembali hadir kita gelar kejuaraan arung jeram yang lebih bagus dibanding tahun tahun sebelumnya," ujarnya.

Dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan, kejuaraan Alarung jeram ini harus bertambah lebih besar. Selain itu Tapanuli Utara bisa menjadi tuan rumah dipelaksanaan kejuaraan arung jeram nasional dan internasional. 

"Saya berharap ada target untuk mencapai hal tersebut, maka dari itu saya mohon kepada Faji Pusat dan Faji dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bisa membuat agenda khusus terkait hal yang saya sebutkan tadi," harapnya.

Ia menambahkan, jika rencana tersebut direstui, persyaratan kejuaraan arung jeram nasional dan internasional agar bisa diagendakan di Kabupaten Tapanuli Utara, akan dipersiapkan. Termasuk juga anggarkan untuk pembangunan jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendeknya.

Khusus kepada para atlet yang antusias berpartisipasi mengikuti lomba, Bupati Toba memberikan apresiasi.

"Selamat Datang di Kabupaten Tapanuli Utara, nikmatilah pertandingannya dan jangan lupa sempatkan menikmati tempat wisata lain yang ada di Taput," ujarnya.

Ia juga berharap agar kegiatan ini diviralkan, untuk membantu mendongkrak kunjungan wisatawan dari berbagai wilayah di nusantara ke berbagai lokasi pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara.

Ketua Panitia Olah raga Lomba Arung Jeram Feri Saputra Tanjung sebelumnya menyampaikan, perlombaan ini digelar dalam 14 kategori, yakni 7 kategori R5 dan 7 kategori R6.

Untuk tim yang sudah terverifikasi dan sudah terdaftar serta terigustrasu diantaranya Mr.RGS, JSI Putra, Belawan Maju, Faji Madina, Biawak Kalem Putra, Biawak Kalem Putri, FAJI Taput, FAJI Asahan dan Paddle Direction.

Lanjutnya, untuk nomor lomba yang dipertandingkan dintaranya sprint yaitu jenis lomba yang mempertandingkan kecepatan head to head yaitu tim akan berpacu pada babak head to head secara simultan dengan system gugur dan down river race yaitu jenis lomba arung jeram yang memperlombakan kecepatan tim mendayung pada jarak jauh.

Selama perlombaan digelar tim juri untuk memimpin perlombaan berjumlah 20 orang, team rescue/penyelamat berjumlah 30 orang serta tim resqiuer dari Basarnas Danau Toba yang disebar di beberapa titik yang dianggap rawan.

"Seluruh kelayakan persiapan kegiatan Lomba sudah terverifikasi oleh Faji Pusat, dan Faji Propinsi," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Tim Basarnas Danau Toba, Ketua FAJI Taput Frans Manalu, Stearing Comite Elfrin Hutabarat, KONI Taput Robin Simanjuntak, Ketua FAJI Sumut Elwin dan Ketua FAJI Pusat Ricardo Situmorang.