MEDAN - Ratusan ibu-ibu pengajian yang tergabung dalam Majelis Muslimah Berdzikir (MMB) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu dilaksanakan di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Jumat, (6/10/2023).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengangkat tema 'Bukti Cinta Rasulullah dengan Menjalankan Sunnahnya' dengan penceramah, Ustad M Yusuf.

Acara diawali pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori, Khairi Nopandra dengan saritilawah, Nanda Ausi Irawan yang masih berusia muda.

Setelah itu, lantunan Asmaul Husna, disampaikan tim shalawat Izaki.

Ketua Panitia acara, Sri Wahyuni Nukman di kesempatan itu menyampaikan terimakasihnya atas dukungan sejumlah pihak dalam menyukseskan peringatan Maulid Nabi, termasuk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Biro Umum Setdaprovsu.

"Terima kasih banyak atas dukungan yang sudah difasilitasi, Bapak Kepala Biro Umum Pemprov Sumut. Bahwa pelaksanaan kegiatan ini seperti yang kita targetkan, dengan jumlah undangan sebanyak 600 orang termasuk anggota MMB yang terdaftar di dalam grup Aplikasi WhatsApp kita," ujar Sri Wahyuni Nukman.

Dijelaskan Sri Wahyuni Nukman, dari total jamaah MMB yang hadir termasuk dari kelompok pengajian dan majelis ta'lim, antara lain: Pengajian Al Haura Sumut, Pengajian Raudhatul Jannah.

Kemudian, Pengajian PP Muslimah, Majelis Ta'lim Tabayyun, Pengajian Muslimah Sumut (PMS), Majelis Qur'an Sudirman (MQS), Pengajian Halimah, Jama'ah Masjid Al Imaniah Kota Tanjung Morawa, Pengajian Az Zahra, Majelis Ta'lim IM3, Pengajian Bundo Kanduang.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua MMB Sumut, Dina Eldelina S Meliala, Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Hj Dessy Hassanudin yang diwakili Ketua Pokja I TP PKK Provinsi Sumut, Siti Endah Maria.

Ustad M Yusuf, Sarjana Filsafat Islam dalam tausiyanya, menyatakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW lebih kepada bagaimana seluruh umat mengenai sosok beliau.

"Siapa itu Muhammad, Muhammad itu bukan siapa - siapa. Muhammad itu sama seperti kita, beliau butuh kawan, kita juga butuh hal sama," katanya.

Lebih lanjut, dikatakannya, kemuliaan Nabi Muhammad ada banyak disampaikan Allah SWT dalam Al Quran dan bacaan - bacaan shalat.

Selain, Muhammad, sebutnya, Allah jug memuliakan Nabi Ibrahim AS."Beliau juga sering kita bacakan dalam shalat," ujarnya.

Kenapa nama Ibrahim ada dalam baca shalat, disebutkan bawaannya dalam hidupnya Nabi Ibrahim AS tidak pernah mengeluh.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW selanjutnya ditutup dengan doa oleh Ustad M Yusuf.