TOBA - Aksi pencurian uang dari dalam mobil kembali terjadi di Kabupaten Toba. Peristiwa ini terjadi di Jalan Negara Lintas Sumatera di Kelurahan Sangkar Nihuta Soposurung Kecamatan Balige, tepatnya diparkiran CV Visi Printing, Selasa (3/10/2023). Kapolres Toba AKBP Taufik Hidayat Thayeb SH, S I.K melalui Kapolsek Balige Iptu Selamat Pasaribu saat di konfirmasi, Kamis (5/10/2023) membenar peristiwa pencurian uang dana desa milik Desa Aek Unsim Kecamatan Borbor sebesar Rp.131.062.000 dari dalam mobil yang dilakukan Oknum Tak Dikenal (OTK).
 
Disebutkannya, sebelum peristiwa pencurian tersebut, Kepala Desa Aek Unsim Rommel Pasaribu (46) bersama dengan 2 orang perangkat desanya Marzuki Pasaribu (32) dan Ellen boru Hutahaean (34) mencairkan uang Dana Desa Aek Unsim TA - 2023 dari Bank Sumut Balige. 
 
Setelah uang dicairkan, ketiganya berangkat menuju CV. Visi Printing yang rencananya akan membeli 1 unit laptop.
 
Setibanya di tempat tujuan, mereka memarkirkan kendaraan dan turun dari dalam mobil, meninggalkan uang Dana Desa yang baru dicairkan tanpa ada penjagaan. 
 
Setelah urusan mereka selesai, ketiganya kembali ke mobil hendak melanjutkan perjalanan untuk pulang ke desanya Desa Aek Unsim Kecamatan Borbor Kabupaten Toba. Namun, setibanya di mobil, mereka tidak ada lagi menemukan uang Dana Desa tersebut. 
 
Iptu Selamat menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak hanya uang dana desa yang hilang, pelaku juga mengambil dan membawa kabur 1 unit laptop merk Lenovo berwarna hitam berikut tas ransel berwarna hitam yang berisikan uang sebesar Rp 2 juta serta beberapa uang pecahan Rp.2000.
 
"Total kerugian akibat peristiwa tersebut sekira Rp141.062.000," sebutnya. 
 
Berdasarkan rekaman video CCTV ujarnya, nampak jelas para pelaku dalam menjalankan aksinya memakai jaket hitam lengkap dengan memakai topi penutup kepala. Pelaku bergerak dengan tenang dan tidak kelihatan terburu-buru dalam melakukan aksinya.
 
Setiba di belakan mobil, dengan cepat oknum pelaku berupaya membuka pintu mobil. Begitu pintu mobil terbuka, si oknum pelaku meraih dan mengambil tas yang berisi uang serta laptop dengan didalam tas. 
 
Begitu uang dan tas berisi laptop berhasil diambil, pelaku bergegas cepat menuju sepeda motor temannya yang sudah standby menunggunya untuk melarikan diri bersama dengan barang hasil curiannya. 
 
Oleh Kepala Desa Aek Unsim bersama dengan kedua orang perangkat desanya telah membuat laporan pengaduannya ke Polsek Balige. 
 
Atas peristiwa tersebut, petugas Penyidik dari Polsek Balige bersama tim dari Sat Reskrim Polres Toba sedang menyelidikinya, guna mengumpulkan berbagai bukti bukti serta berbagai informasi keterangan dari berbagai para saksi.