MEDAN - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara akan memperjuangkan kegiatan Hari Ulos Nasional masuk Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumut. Anggaran yang disiapkan nantinya pun untuk tahun 2024.
 
"Kita perjuangkan masuk mata anggarannya di APBD, tapi tidak tahun ini (2023), tahun 2024 yang bisa. Kasih ke kami ya usulan programnya secepat mungkin. Untuk tahun ini, uang (anggaran) kami tidak ada untuk ke situ," ujar Kabid Budayaan Syilvia Lubis kepada Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional 17 Oktober 2023 Prapat, Danau Toba, di kantornya, Rabu (4/10/2023).
 
Syilvia juga mengatakan sertifikat Hari Ulos Nasional dari Kementeria Pariwisata dan Kebudayaan sudah ada pada mereka.
 
"Iya, sudah ada sama kami (sertifikat) itu dari kementerian," katanya.
 
"Kalau bisa kajian akademisinya juga kasih ke kami, nanti kami buat tim dari kami (pemerintah) untuk ke Kemenkumham, dan nantinya menjadi dasar kegiatan ini di APBD. Tahun ini kita buat untuk masuk tahun depan (2024) agar tak kosong anggarannya nanti," Syilvia didampingi Kasi R. Surbakti.
 
Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional mulai tanggal 15, 16, 17, dan 18 Oktober 2023, memastikan akan memberikan program kerja yang diminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sumut, beserta kajian akademisi yang sudah ada.
 
"Secepatnya itu pasti kami berikan semuanya kepada Bu Syilvia, yang terpenting bagi kami tahun ini (2023) ada dukungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumut. Tolong sampaikan juga ini kepada pak kepala dinas, ini harapan kami. Yang terbaik kita buat bu, dan ini menjadi harapkan kita semua untuk Hari Ulos Nasional kita ini," ucap Mikhael Siregar.
 
Selain Mikhael, Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional yang mengikuti pertemuan dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumut, yaitu Raja Hasoge Panjaitan, Arief Tampubolon, Asriel Hasibuan, Marlen Simbolon, dan Ketua Yayasan Pusuk Buhit Effendi Naibaho.
 
Mikhael juga meminta agar Syilvia Lubis bisa menyampaikan rencana kegiatan Hari Ulos Nasional yang puncak acaranya di Prapat, Danau Toba pada 17 Oktober 2023.
 
"Dari pihak Bu Syilvia, dan pak kadis bisa menjadi perpanjangan kami ke Pj Gubsu untuk mendukung perayaan Hari Ulos Nasional ini. Sudah ada surat kami masukan ke Kantor Gubsu, tetapi belum ada respon ataupun tanggapan untuk bisa bertemu dengan Pj Gubsu. Sudah ada masuk suratnya, pasti," kata Mikhael Siregar.
 
Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional pun memberikan ulos kepada Syilvia Lubis dan ikat kepala kepada R. Surbakti SE di akhir pertemuan.