PALAS – Plt Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu komitmen mendukung kondusifitas keamanan dan ketertiban menjelang pemilu 2024 di Kabupaten Palas. Menindaklanjuti deklarasi pemilu damai dalam rangka mensukseskan pemilu serentak untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif, juga  dilakukan penandatanganan kesepakatan pendanaan bersama untuk pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 antara Gubernur Sumut dengan para Bupati dan Walikota se Sumut beberapa hari lalu di Hotel Grand Mercuri Medan.
 
"Pemda bersama unsur Forkopimda serta masyarakat  Palas berkomitmen mendukung kekondusifan jelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang," kata Plt Bupati, Senin (2/10/2023).
 
Kata Plt Bupati, menjaga situasi tetap aman, tertib, kondusif dan damai dari semua  pihak harus ada sepakat bersama sehingga pesta demokrasi berjalan aman, sejuk, damai serta berintegrasi.
 
“Menjelang pemilu pemilihan Presiden dan Wakili Presiden sera Legislatif yang hanya tinggal lima bulan kedepan. Diharapkan semua pihak berkomitmen, bukan hanya slogan semata tetapi harus diwujudkan dengan perbuatan nyata," ujarnya.
 
Ditegaskan, pihak pemerintah daerah,  tidak akan memberikan ruang dan celah sedikitpun kepada pihak yang akan berbuat onar sehingga tidak ada konflik selama pemilu dan pasca pemilu.
 
Ia juga berpesan, perbedaan pilihan dalam pemilu tidak menjadi alasan timbulnya permusuhan yang mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat.
 
“Perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar dalam pemilu, mau pilih A, B atau C. Silakan saja, dan tidak perlu diributkan, mari kita tetap bersatu walau berbeda pandangan politik," ungkap Plt Bupati.
 
Untuk kita ketahui bersama, sambungnya, penyelenggaraan pemungutan suara pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten akan dilaksanakan pada hari  Rabu, 14 Februari 2024.
 
Sementara untuk 27 November 2024 akan  dilaksanakan pemungutan suara serentak secara nasional untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota. 
 
Diharapkan, semua pihak termasuk masyarakat di daerah dapat menjaga kekondusifan bersama sehingga menghasilan pemilu yang berintegritas dan jurdil.