LANGKAT - Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakili Asisten Administrasi Umum Musti Sitepu,SE,M.Si memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, Senin (2/10/2023). Syah Afandin dalam sambutan tertulisnya menyampaikan salah satu fungsi utama pemerintah adalah penyelenggara layanan publik.
Di mana kualitas layanan merupakan salah satu indikator keberhasilan penyelenggara pemerintahan. 

Dalam rangka memberikan layanan yang lebih cepat mudah dan aman kepada masyarakat Disdukcapil akan Langkat juga telah melakukan inovasi, melalui
Dukcapil go Digital. Inovasi ini berbasis teknologi digital diantaranya dengan penerapan tanda tangan elektronik (TTE) dalam penerbitan kartu keluarga, surat keterangan pindah datang, akta kelahiran, akta perkawinan dan akta kematian. 

Disdukcapil Langkat juga telah menjalin kerjasama PKS dalam penerbitan dokumen administrasi kependudukan dengan pengadilan negeri Stabat pengadilan agama Stabat, rumah sakit umum dan swasta yang ada di Kabupaten Langkat maupun rumah sakit umum dan swasta kota Binjai. 

"Belum lama ini telah dilaksanakan rapat koordinasi nasional rakornas kependudukan dan pencatatan sipil yang berlangsung di Manado Sulawesi Utara dengan tema Digitalisasi administrasi kependudukan untuk pelayanan publik dan pemilihan umum 2024," sebut Musti Sitepu. 

Dukungan kependudukan dan pencatatan sipil terhadap pemilihan umum presiden dan wakil presiden tanggal 14 Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah serentak tanggal 27 November 2024 antara lain : pemutakhiran data kependudukan melalui proses pemadanan data dan opdating data pemilih.

Kemudian penyediaan akses pemanfaatan data penduduk untuk KPU yang akan berfungsi untuk verifikasi nomor induk kependudukan (NIK).

Selanjutnya, dalam pengamanan data kependudukan yang berkoordinasi dengan badan siber dan sandi Negara (Bssn) untuk penyerahan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan DP4 Kepada KPU.

"Dengan perkembangan teknologi informasi marilah kita terus berkreasi dan berinovasi karena ke depan tugas kita semakin berat saat ini masyarakat kita sudah bisa menilai kinerja aparatur Pemerintah," ujar Musti Sitepu. 

"Maka untuk itu saya minta agar setiap ASN dan non ASN dapat meningkatkan kualitas diri berjalan dengan jujur disiplin cerdas cermat serta pahamilah bidang tugas masing-masing" sambungnya.