MEDAN - Universitas Syiah Kuala berhasil menorehkan prestasi membanggakan karena mampu bersaing dengan sejumlah kampus ternama di Indonesia dan dunia. Hal ini ditunjukan pada hasil pemeringkatan dari  Times Higher Education's (THE) World University Rankings 2024 yang menempatkan USK dalam peringkat 8 kampus top di Indonesia dan tembus dalam jajaran 1.500 kampus terbaik dunia.

Berdasarkan pemeringkatan tersebut, USK masuk dalam peringkat  1201-1500. Posisi USK ini jauh lebih baik dari sebelumnya yang tidak masuk dalam pemeringkatan ini. Selain USK, ada 24 kampus lainnya di Indonesia yang berhasil masuk pemeringkatan dunia ini. Dari 24 kampus terbaik tersebut, Kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini berada di peringkat 8.  Adapun Universitas Indonesia, menjadi satu-satunya kampus asal Indonesia yang berhasil menembus peringkat 1.000 dunia.

Metode pemeringkatan THE ini berdasarkan 18 indikator penilaian yang dikelompokan dalam lima pilar. Kelima pilar tersebut adalah pengajaran, kualitas penelitian, lingkungan penelitian, pandangan internasional, dan industri.

Chief Global Affairs Officer THE, Phil Baty mengungkapkan rasa senangnya karena melihat ada sembilan kampus Indonesia berhasil masuk dalam peringkat 1.500 besar universitas terbaik dunia.  Menurutnya, pencapaian ini sangatlah luar biasa.

"Senang rasanya melihat salah satu universitas di Indonesia kembali masuk dalam 1.000 universitas terbaik dunia dalam THE's World University Rankings 2024. Hebatnya, negara ini juga memiliki sembilan universitas yang masuk dalam 1.500 universitas terbaik dunia, dan ini merupakan pencapaian yang luar biasa," ujar Baty lewat siaran pers diterima di Medan, Minggu (1/10/2023).

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian USK ini. Menurut Rektor, prestasi USK ini terasa kian istimewa karena bulan ini USK telah memasuki usianya yang ke 62 tahun.

Oleh karena itu, Rektor menilai prestasi ini bukan hanya milik USK tapi merupakan sebuah kebanggaan kolektif seluruh masyarakat Aceh. Keberhasilan USK menembus peringkat dunia ini, ungkap Rektor, setidaknya menunjukkan kampus ini terus berkembang dan reputasi telah diakui di tingkat global.

“Alhamdulillah, kita semua patut bersyukur. Prestasi ini merupakan kado istimewa bagi USK yang September ini usianya telah beranjak 62 tahun. Prestasi ini kian memotivasi USK untuk terus bergerak menuju world class university,” ucap Rektor.*