PADANGSIDIMPUAN -  SMAN 2 Padangsidimpuan kembali melaksanakan Pemilihan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk Tahun Pelajaran 2023-2024, Selasa (25/9/2023). Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS layaknya Pemilahan Umum (Pemilu).
Kali ini, dilaksanakan penuh kreatif dan berbeda dari sebelumnya. Dengan memperkenalkan siswa pada proses demokrasi sejak awal.

Kepala sekolah SMAN 2 Padangsidimpuan Akhiruddin Halomoan Harahap, S.Sos, M.Pd, melalui Bagian Kesiswaan Yunidar S.Pd, mengatakan kegiatan demokratis ini merupakan bagian dari program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah diterapkan SMAN 2 Padangsidimpuan.

"Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 2 Padangsidimpuan ini mengusung tema 'Demokrasi Membentuk Siswa Yang Berkarakter'," kata Yusnidar.

Siswa SMAN 2, lanjut dikatakan Yusnidar, akan mengikuti tata cara Pemilu sesuai dengan sistem siswa, yang dilakukan siswa, dan untuk kepentingan siswa.

"Salah satu tujuan utama dari pemilihan ini adalah memberikan pengalaman berharga kepada siswa tentang penggunaan hak suara Siswa dengan tanggung jawab saat pemilu Nasional Tahun 2024," ungkapnya.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini bukan hanya sebuah agenda rutin sekolah, tetapi juga sebuah pembelajaran berharga tentang demokrasi bagi para siswa SMAN 2 Padangsidimpuan.

Sebelum pemilihan, ada Dua pasangan calon untuk Ketua dan Wakil Ketua OSIS telah ditetapkan, serta untuk calon sekretaris ada Tiga Siswa dan Calon Bendahara 4 Siswa.