MEDAN - Peringatan Haul ke V Juan Tarigan yang berlangsung penuh khidmat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fitrah Namorambe Deliserdang, Minggu (24/9/2023), mendapat apresiasi. Sebab suasana Ponpes tahfiz Quran cukup asri, dipenuhi tanaman buah buahan. Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut ke 18, Letjen Purn Edi Rahmayadi, mantan Wali Kota Medan H Abdillah, Ustad Prof Dr Akmal Azhari Tarigan MAg, Ustad Dr Yazid, Ustad Abdul Azis Tarigan, LC, MA , para santri , guru, majlis taklim muslim Karo dan keluarga besar Bani Juan Tarigan.
 
Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengapresiasi acara Haul Tuan Guru Juan Tarigan yang diselenggarakan di Ponpes tahfiz Quran itu serta memuji suasana Ponpes yang dipenuhi tanaman buah buahan. 
 
Dalam kesempatan itu Edy Rahmayadi memberi hadiah kepada beberapa santri yang hapal 15 Juz Alquran. Dia juga menjelaskan tentang pentingnya sholawat nabi dan dia berjanji akan tetap hadir jika diundang ke Ponpes Al Fitrah tersebut. 
 
Edy Rahmayadi juga menyerahkan sumbangan ke panitia acara.
 
Sementara itu Ustad Prof Dr Azhari Akmal Tarigan mengatakan Juan Tarigan adalah orang pertama yang memeluk agama Islam di Tanah Karo lalu mengajak keluarga besarnya jadi muslim dan hijrah dari desa Juhar ke Desa Tiga Beringin yang dibangunnya untuk semua keturunannya. 
 
Salah satu putranya menjadi ulama besar yakni H Sulaiman Tarigan serta beberapa keturunan Juan Tarigan yang berprofesi di bidang agama. Pada bagian lain Akmal Tarigan menjelaskan pentingnya bersholawat untuk menghubungkan diri kita dengan Rasulullah SAW.
 
Pimpinan Ponpes Syaifuddin Tarigan SH, MH menguraikan tentang latar belakang pelaksanaan Haul Juan Tarigan yang sebelumnya diselenggarakan secara akbar di Desa Tiga Beringin dan di Istana Maimon Medan dihadiri Syekh KH Asrori dari Surabaya dan muridnya dari Singapura Malaysia Brunei Darussalam dan Indonesia. 
 
Ponpes Al Fitrah sendiri berdiri di atas lahan 5, 7 Ha milik Letjen Purn Arifin Tarigan sudah di wakafkan untuk masyarakat muslim Deliserdang.
 
Sementara Ketua panitia Drs Rusdi Sinuraya melaporkab, panitia juga menyerahkan bingkisan untuk para santri, Pengajian Wanita Muslim Karo juga memberi mukena untuk para santriwati.
 
"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar," ungkap Rusdi Sinuraya didampingi unsur panitia Syaifudin Tarigan, Umur Ginting, Rosdah Liana Tarigan, Rosnita Sebayang Nurdin Bangun, Mahda Nia Sebayang.