MEDAN - Sebanyak 5363 mahasiswa baru akan mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Selain itu, ribuan mahasiswa baru itu juga akan mengikut Masa Taaruf IKatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMSU 2023 mulai Senin (25/9/2023).

"Insyaallah PKKMB dan Masta  UMSU yang digelar di Kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan dihadiri seluruh mahasiswa baru UMSU yang berjumlah 5363 orang," ujar Wakil Rektor  III, Rudianto kepada sejumlah wartawan di sela persiapan pembukaan PKKMB, Minggu, (24/9/2023).

Lebih lanjut ketua panitia pelaksana PKKMB UMSU dan Mast IMM tahun 2023 ini menjelaskan, acara dipusatkan di lapangan parkir kampus mulai hari Senin (25/9/2023) sampai Jumat (29/9/2023). 

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada Sabtu (30/9/2023), bersama stasiun televisi swasta nasional, akan menggelar RCTI Invasion yang menghadirkan grup band papan atas Indonesia.

Sedikit bocoran, dalam acara bertajuk RCTI Invasion yang menghadirkan grup band papan atas Indonesia, juga dimeriahkan performance sejumlah  unit kegiatan mahasiswa, diantaranya UMSU Band, tari dan teater.

PKKMB UMSU sendiri rencananya akan dibuka oleh Kapolda Sumut, Irjen Agung Setya Imam Effendi. 

"Kehadiran Kapolda Sumut kita harapkan, selain  membuka PKKMB juga memberikan motivasi kepada mahasiswa baru UMSU untuk sukses mengikuti pendidikan dan meraih masa depan lebih baik," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, selaku Ketua Panitia, Rudi memgimbau, para mahasiswa baru UMSU yang mengikuti PKKMB dan Masta bisa  menjaga disiplin dengan hadir tepat waktu dan mengenakan atribut berupa almamater dan tanda fakultas. 

Para pserta PKMB juga diharapkan tidak memakai kendaraan pribadi atau diantar orang tua.

"Saya juga berharap seluruh mahasiswa baru UMSU bisa mengikuti seluruh rangkaian PKMB dan Masta dengan tertib. Ada banyak informasi penting yang perlu dipahami oleh para mahasiswa baru agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik sehingga sukses dalam pendidikan," imbaunya.

Sementara itu terkait pascasarjana, Wakil Rektor III, menjelaskan,  PKKMB akan dilaksanakan secara terpisah. 

Konsep pelaksanaan juga akan berbeda dari PKKMB program sarjana.

Pascasarjana UMSU memiliki  11 program studi magister dan satu program doktor hukum. 

Program magister yakni, magister manajemen, akuntansi, hukum, notariat, komunikasi, manajemen pendidikan tinggi. 

Selanjutnya magister matematika, pendidikan Agama  Islam, ilmu pertanian, elektro dan magister bio medis.