MEDAN - Muhammad Afri Rizki Lubis secara resmi mengundurkan diri dari Partai Golkar, Rabu (20/9/2023). Hal itu tertuang dalam surat pengunduran dirinya yang diantarkan ke Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Medan dan Sekretariat DPD I Partai Golkar Sumut.
 
Surat pengunduran diri politisi muda yang masih tercatat sebagai Anggota DPRD Kota Medan itu, diantar dua orang pegawai Rizki, Adit dan Yusri.
 
Setibanya di Kantor Sekretariat Partai Golkar Medan, kantor tersebut dalam keadaan tertutup.
 
Setelah ditunggu beberapa saat kemudian tidak juga ada seorang pun petugas sekretariat yang datang, sehingga surat pengunduran diri Rizki diantar ke Kantor DPD I Partai Golkar Sumut.
 
Di DPD I Golkar Sumut, kedatangan Adit dan Yusri yang mengantarkan surat pengunduran diri Rizki, diterima langsung kepala Sekretariat Partai Golkar Sumut Hendrik.
 
Setelah membaca isi surat, Hendrik pun membubuhkan tandatangan dan stempel sebagai bukti bahwa surat tersebut secara resmi sampai dan sah diterima Partai Golkar Sumut.
 
Lalu sekitar pukul 17.00 Wib, surat itu diantar kembali ke Kantor Golkar Medan oleh anggota Rizki bernama Pangeran, yang diterima dan diparaf Ketua PK Partai Golkar Medan Petisah Sangkot.
 
Dengan begitu, surat tersebut juga telah sampai kepada Partai Golkar Kota Medan.
 
Politisi Muda Muhammad Afri Rizki Lubis ketika ditemui membenarkan bahwa surat pengunduran diri dari Partai Golkar telah diantarnya.
 
Sehingga kini ia bukan lagi bagian dari partai berlambang Pohon Beringin tersebut.
 
Disingung tentang alasan pengunduran dirinya, Rizki secara tegas menyatakan ingin fokus menyelesaikan kuliahnya di Universitas Sumatera Utara (USU).
 
Apalagi, saat ini, ia sedang menjalani program doktor di jurusan studi pembangunan pada kampus plat merah itu.
 
"Saya mengundurkan diri karena sesuai dengan hati nurani saya sendiri, " tegasnya.
 
Sebagaimana diketahui, Rizki merupakan putra sulung dari mantan Ketua DPD II Partai Golkar Medan tiga periode, M Syaf Lubis.
 
Muhammad Afri Rizki Lubis merupakan anggota DPRD yang terpilih pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019 lalu dari daerah pemilihan (dapil) 5 Medan. 
 
Sebelum mengundurkan diri, dari Partai Golkar, Rizki merupakan anggota Komisi 1 DPRD Medan.